Bila ada tamu jauh, sudah lazimnya tuan rumah menyuguhkan makanan khas daerah. Begitu juga saat Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani menjamu peserta Jelajah Sepeda Banjarmasin Balikpapan, Selasa (5/5) malam.  Berbagai makanan tradisional disajikan.

Ada nasi pundut, nasi bersantan yang dibungkus daun pisang. Saat disantap biasanya ditemani lauk udang goreng, tahu isi, ikan saluang goreng, orak-arik kol, dan sambel. Lontong Kandangan yang sudah terkenal pun tak lupa disajikan bersama ikan gabus bakar.

Para peserta jelajah sepeda begitu antusias mencoba hidangan yang tersaji. Apalagi sejak tadi, perut sudah protes untuk diisi. Di sela-sela mengunyah makanan,  beberapa diantara mereka tampak bertanya nama makanan yang disantapnya.

Sementara di sela antrean, tampak  Om Rokhmat PN salah satu utusan dari KGC. Di tangannya sudaha da semangkok bubur beras. Ia pun dengan gesit meracik bumbu-bumbunya yang berjejer.

“Sepertinya sedap ini ya Bu? Makanan khas apa ini?” katanya kepada seorang ibu penjaga makanan.

“Oh… itu bubur ayam, Pak!”

Ah Om Rokmat…. bubur ayam aja nanya!

 

Cak KRIS

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Aktivitas ini sering dituangkan dalam tulisan, foto, video di sosial media, wesbite atau untuk kebutuhan cetak. Tujuan utamanya, hanya sebagai dokumentasi, agar terekam jejak digitalnya. Syukur-syukur bisa menjadi inspirasi atau malah bisa berbagi keberkahan. Salam Sehat.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments