Pedalku.com –  Begitu mendengar bencana banjir di Garut Jawa Barat, pikiran langsung tertuju pada Deny Suwarja, seorang aktivis pedalis di kota yang dikelilingi pengunungan ini.

Di kalangan pedalis Jakarta dan sekitarnya, Kang Deny, begitu ia disapa, sudah cukup dikenal. Hampir tiap akhir pekan, ia bersama komunitasnya, KGC Garut Mountain Bike, mengeksplore bumi Garut lalu memposting foto-fotonya di laman sosial media.

Foto-foto Kang Deny ini yang kerap membuat ngiler para pedalis yang selanjutnya janjian ingin mencobanya. Dan Kang Deny selalu menyambut dengan suka cita. Bahkan rumahnya kerap jadi markas para pedalis.

Namun postingan demi postingan di laman facebook Kang Deny Rabu dari pagi buta membuat terngaga. Foto puing-puing rumah yang habis tersapu sudah cukup menggambarkan betapa dahsyatnya terjangan air sungai akibat jebolnya tanggul sungai Cimanuk, Garut.

Kang Deny juga mengunggah ratusan foto pengungsi dengan wajah-wajah pasrah di penampungan Rusunawa dekat rumahnya. Foto-foto itu seakan menggedor-gedor kesadaran betapa lebih beruntungnya kita dibanding para korban banjir di Garut. Tak heran simpati terus berdatangan, baik doa lewat laman FB-nya maupun langkah nyata.

Pedalis Garut ikut mendata, melaporkan, dan menyalurkan sumbangan untuk para korban.
Pedalis Garut ikut mendata, melaporkan, dan menyalurkan sumbangan untuk para korban.

Meski tak resmi membuka “dompet bencana”, sepertinya Kang Deny mendapat titipan sumbangan dari para pedalis maupun koleganya. Ini terlihat dari statusnya di Rabu sore yang mengucapkan terima kasih kepada yang sudah transfer sumbangan dan berjanji akan menyalurkan.

Dalam dua atau tiga hari ke depan sepertinya sumbangan makanan, susu bayi, pakaian, maupun air mineral akan terus berdatangan, baik dari pemerintah maupun perorangan.

Namun yang lebih penting adalah bantuan korban banjir untuk bangkit kembali dan menata kembali hidupnya setelah harta bendanya hilang tersapu banjir bandang.

Jadi belum terlambat jika pedalis ingin berbagi rasa. Silakan inbox Kang Deny di laman facebooknya. Apapun bantuan Anda tentu akan mempercepat proses mereka kembali ke rumahnya dan hidup seperti sedia kala.

Sebagai seorang pedalis, tentu kita juga berharap Kang Deny dan sahabat KGC Garut Mountain Bike kembali melakukan kegiatan rutinnya tiap akhir pekan, mengeksplore bumi Garut.

Jujur, saya pun rindu trek-trek sepeda di Garut. Juga nasi liwet masakan Bu Deny Suwarja yang selalu terhidang usai  gowes.  Gowes di Garut memang selalu sempurna!

Foto: Deny Suwarja

Cak KRIS

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Aktivitas ini sering dituangkan dalam tulisan, foto, video di sosial media, wesbite atau untuk kebutuhan cetak. Tujuan utamanya, hanya sebagai dokumentasi, agar terekam jejak digitalnya. Syukur-syukur bisa menjadi inspirasi atau malah bisa berbagi keberkahan. Salam Sehat.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments