Pedalku.com – Petualangan 9 gunung di Jawa Timur yang diberi nama SONGO-G masuk hari kedua, 27 Maret 2017. Berhubung beberapa peserta sampai penginapan malam hari pada etape pertama, maka start etape kedua Batu – Karangkates via Gunung Kawi dan Kelud dibuat agak siang. Pedalis diberangkatkan sekitar pukul 7.30.

Etape kedua ini bermula di penginapan Asida Hotel menuju arah Songgoriti, sebelum akhirnya belok kiri ke Coban Rondo. Namun tak ke Coban sebab langsung masuk trek offroad. Trek yang masuk ke kawasan hutan pinus ini sangat mengasyikan sebelum off track alias nyasar. Alhasil, terpaksa mencari jalur memotong yang sayangnya tidak ada. Ada yang sampai manggul sepedanya menerobos jalan.

SONGO-G_2-1

Marking jalur pada petualangan ini memang tidak ada. Pedalis mengandalkan perangkat GPS untuk melalui trek yang ditentukan. Pedalis benar-benar diajak untuk berpetualang di 9 gunung.

Edisi nyasar masih berlanjut selewat perkampungan yang tak jauh dari objek wisata Sumber Pitu. Sumber Pitu ini adalah tujuh (bahasa Jawanya pitu) air terjun yang berada di satu tebing. Berada di kawasan milik Perhutani Kabupaten Malang.

Walau tidak sedahsyat hari pertama, tanjakan tetap menjadi bagian SONGO-G. Menu tanjakan kali ini tersaji di wilayah Pujon untuk onroadnya, yang kemudian diganjar dengan turunan yang aduhai.

Sementara tanjakan offroad dapat dinikmati di kawasan Sirah Kencong dan di lereng Gunung Kawi. Bagi pedalis yang tinggal di daerah Malang atau Blitar, Sirah Kencong merupakan salah satu jalur sepeda yang menarik. Berada di desa Ngadirenggo, kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, trek yang dilalui merupakan areal perkebunan teh dibawah pengelolaan PTPN XII.

Berbeda dengan hari pertama yang diguyur hujan, hari kedua ini cenderung mendung. Beberapa peserta sudah tiba di penginapan sekitar selepas maghrib.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments