Pedalku.com – Salah satu kabupaten yang mendapat giliran menjadi tuan rumah Gowes Pesona Nusantara di minggu ini adalah Tabanan Bali. Nah, di tempat ini, panitia pun mengemas acara yang diprakarsai oleh Kemenpora, menjadi atraksi wisata yang menarik.

Seperti diketahui, salah satu rangkaian Gowes Pesona Nusantara adalah pengambilan air dan tanah di Kabupaten yang ditetapkan sebagai tuan rumah GPN.

Di Tabanan, pengambilan tanah dilakukan di Pura Batukaru. Sementara untuk pengambilan air di Pura Ulun Danu Bratan, yang berada di tengah Danau Beratan. Prosesi pengambilan tanah dan air ini dilakukan oleh pemuka adat dan pemangku kebijakan setempat.

Prosesi acara pengambilan air dan tanah ini diawali dengan do’a bersama yang dipimpin oleh seorang pedanda, pemuka agama Hindu di Pura Ulun Danu yang terlihat sangat anggun. Acara ini diikuti oleh ratusan warga hingga menarik banyak wisatawan asing.

Tak heran selama prosesi ini, banyak wisatawan yang ikut mengabadikan ritual tersebut. Salah satunya rombongan wisatawan dari Inggris yang kebetulan berada di sekitar lokasi, Jumat (28/7) lalu.

Ya, Panitia GPN Tabanan dengan penuh kreatif telah berhasil mengemas prosesi pengambilan air dan tanah ini menjadi sebuah tontonan wisata yang menarik.

Inilah yang sebenarnya harus dikembangkan di setiap daerah yang menjadi tuan rumah GPN, hingga acara yang didanai oleh Kemenpora ini bukan hanya menggairahkan masyarakat untuk berolahraga, tetapi juga bisa menjadi agenda wisata yang menarik wisatawan.

Kreativitas dan antusiasme warga ini juga dapat pujian dari Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora dr. I Nyoman Winata  yang mengikuti prosesi ini. Dan Nyoman pun yakin acara puncak bersepeda GPN di Tabanan, Minggu ini bakal diikuti oleh ribuan peserta.

Foto: Dok. Harianterbit.com

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments