Car Free Day Tangerang Selatan

0

Sejak awal tahun 2013 secara resmi pemerintah kota Tangerang Selatan menyelenggarakan car free day (CFD) di wilayahnya. Walau sebelumnya beberapa wilayah sudah ada CFD, tapi hal itu merupakan inisiatif dari pengelola kawasan perumahan seperti BSD dan Bintaro Jaya. Wilayah yang dipilih oleh pemkot Tangsel untuk CFD adalah di jl Pahlawan Seribu, mulai dari BSD Junction sampai German Center. Mengenai waktu yang dipilih adalah jam 6 sampai jam 9 pagi, satu bulan sekali di hari Minggu. Selama ini jatuh pada hari minggu ketiga tiap bulannya.

Selama CFD, pemkot Tangsel menyediakan beberapa panggung besar untuk hiburan. Selain di BSD, Bintaro Jaya setiap minggu ketiga (harusnya) juga mengadakan CFD. Tapi di Bintaro Jaya hanya sekedar penutupan jalan tanpa ada panggung hiburan selama CFD. CFD Bintaro Jaya dimulai dari perempatan fly over (dulu bunderan Bintaro 7) sampai ke driving range sebelum kawasan Discovery.

2 kawasan CFD ini memiliki karakter berbeda. CFD di jl Pahlawan Seribu jarak relatif pendek dan memiliki panggung hiburan. Jalur yang dilalui datar tanpa variasi tanjakan atau turunan. Tetapi kawasan Serpong memiliki banyak sekali jalur untuk bersepeda, mulai dari jalur on road sampai XC. Jadi bila merasa kurang gowesnya di CFD, bisa lanjut ke trek-trek lainnya.

Sedangkan CFD di Bintaro Jaya, jarak cukup jauh, 7 km satu putaran, jalur yang dilalui lebih bervariasi, ada tanjakan dan turunan. Kawasan ini terhitung sepi. Jadi bila memang mempunyai keinginan untuk sekedar mengowes, CFD di Bintaro Jaya akan menyenangkan. Bisa gowes santai bersama keluarga, dapat juga memacu sepeda dengan kecepatan tinggi asalkan tetap waspada karena ada beberapa persimpangan jalan.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu

Skip to toolbar