Kembali Komunitas Bike To Work menyelenggarakan acara sepeda jarak jauh dengan semua peserta wanita untuk ketiga kalinya. Dengan jargon “Srikandi, Inspirasi Bagi Negeri” kali ini rute yang akan dijelajahi adalah Bandaaceh – Padang. Dua kegiatan serupa sebelumnya adalah Jakarta – Jepara (2011) dan Jepara – Bandung (2012).

Pemilihan lokasi tujuan adalah keberadaan pahlawan nasional wanita. Jepara dikenal karena RA Kartini, di Bandung ada Dewi Sartika, dan Aceh terkenal melahirkan pejuang wanita seperti Cut Mutia dan Cut Nyak Dhien. Dibandingkan dua rute sebelumnya, rute Aceh – Padang ini termasuk yang terjauh.

Perjalanan sepanjang sekitar 1.382 km itu akan dibagi ke dalam 15 etape. Etape pertama Bandaaceh – Sigli, menyusul kemudian etape 2: Sigli – Bireun, etape 3: Bireun – Lhokseumawe, etape 4: Lhokseumawe – Langsa, etape 5: Langsa – Pangkalanbrandan, etape 6: Pangkalanbrandan – Medan. Direncanakan akan ada pemulihan di kota ini sebelum dilanjutkan ke etape 7: Medan – Pematangsiantar, etape 8: Pematangsiantar – Parapat, etape 9: Parapat – Tarutung, etape 10: Tarutung – Sipirok, etape 11: Sipirok – Padangsidempuan, etape 12: Padangsidempuan – Kotanopan, etape 13: Kotanopan – Lubuksikaping, etape 14: Lubuksikaping – Bukittinggi, dan etape terakhir Bukittinggi – Padang.

Peserta kali ini merupakan hasil seleksi dari 74 peserta yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Setelah melalui serangkaian latihan, akhirnya terpilih 21 peserta. Jumlah ini sama seperti jumlah Srikandi Inspirasi Bagi Negeri jilid 2, Jepara – Bandung. Sedangkan pada kegiatan yang pertama hanya diikuti 10 peserta.

Jika pada dua Srikandi Inspirasi Bagi Negeri sebelumnya menggunakan sepeda merek Polygon, kali ini kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 5 April hingga 21 April ini menggunakan sepeda merek Merida. Selain mengampanyekan kegiatan bersepeda sebagai bagian dari gaya hidup sehat, kegiatan ini untuk mendukung kampanye “Gerakan Indonesia BerSeRRi” (GIB). Gerakan yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012 ini akan dilaksanakan secara nasional untuk mewujudkan Indonesia yang bersih, sehat, ramah lingkungan, rapi, dan indah.

Sukses buat para Srikandi!

Generik

Always curious about bike and the philosophy of cycling.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments