Saat kata Gazelle terucap ke onthelist, sebutan untuk penggemar sepeda tua/ ontel, mata mereka akan tampak berbinar-binar. Itulah salah satu merk sepeda tua dari Belanda. Salah satu daftar koleksi yang wajib dimiliki onthelist.

Karena berasal dari Belanda, tak heran Gazelle menjadi sangat terkenal di negara kita, Indonesia. Sebutan sepeda dalam bahasa Jawa, Piet, tampaknya juga tidak terlepas dari Gazelle. Mereka menggunakan karakter kartun Piet Pelle sebagai icon perusahaan, sehingga sering disebut sebagai piet Gazelle, sepeda Gazelle.

Sejarah Gazelle dimulai saat Willem Kölling mulai menjual sepeda pada tahun 1892. Willem merupakan manager kantor pos di Dieren, sebuah kota di timur Belanda. Ia memesan sepeda dari Inggris untuk dijual di Belanda. Transaksi jual beli yang intense pada akhirnya menumbuhkan pertemanan dengan Rudolf Arentsen. Pada tahun 1902, mereka berdua akhirnya memproduksi sendiri sepeda dengan merk Gazelle.

Nama Gazelle terinspirasi saat Willem berjalan di hutan dan melihat kijang jantan melintas diantara pepohonan. Kecepatan gerakan dari binatang itulah yang memberi Willem ide untuk memakai nama Gazelle, salah satu antelop tercepat di muka bumi.

Piet Pelle

Piet Pelle merupakan karakter utama dari komik ‘Piet Pelle on His Gazelle’. Lahir dari gagasan Jacobus ‘Ko’ Doncker, ilustrator dari Haarlem, ibukota provinsi Belanda Utara. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1908.

Pada tahun 1992, Gazelle mendapatkan Royal Seal of Approval, penghargaan tertinggi bagi perusahaan Belanda. Penghargaan itu diberikan atas kelangsungan perusahaan yang telah lebih dari 100 tahun berproduksi dan memiliki pengaruh di industrinya. Satu-satunya industri sepeda yang mendapatkan penghargaan tertinggi dari kerajaan Belanda.

Sampai saat ini Gazelle masih terus memproduksi berbagai macam sepeda; dari sepeda anak-anak, city bike sampai sepeda elektrik. Total penjualan dalam 1 tahun menembus angka 350,000, jauh meningkat dibandingkan tahun pertamanya yang hanya menjual 3 sepeda. Kepemilikan Gazelle kini dipegang oleh Pon Holding BV, salah satu kelompok usaha transportasi Belanda yang juga memiliki industri sepeda dengan merk Cervélo.

[youtube id=”NyLFnD6TwGI” width=”620″ height=”360″]

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments