Indonesia Volcano Challenge merupakan multi event di kawasan pegunungan Indonesia. Pada tahun 2013 ini akan diadakan pada 1-2 Juni, bertempat di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Terbagi dalam 3 kategori utama : mountain run, all mountain bike race dan mountaineering skill.

All mountain bike race sendiri merupakan jenis lomba individual sepeda gunung yang akan melintasi Puncak Pass Resort dan berakhir di Kebun Raya Cibodas. Total jarak tempuh yang dilalui sekitar 15 km. Untuk mengikuti all mountain bike race, peserta minimal berumur 17 tahun dan menggunakan sepeda dengan travel minimal 120 mm, baik full suspension (fulsus) maupun hardtail (HT). Ban yang disyaratkan berukuran 2,1 keatas dengan profil ban kasar. Trek yang digunakan merupakan trek baru yang akan dibuka untuk uji coba dari tanggal 17-31 Mei 2013.

Pembagian kelas dalam all mountain bike race hanya berdasarkan kelompok umur masing-masing; 17-29 tahun, 30-39 tahun dan 40 tahun keatas untuk pria serta kelas open untuk wanita. Dalam persyaratan lomba tidak disebutkan perbedaan antara tim elite (yang biasanya dihuni para atlit nasional) dengan partisipan lain layaknya lomba downhill ataupun cross country yang sering diadakan di Indonesia. Tapi bila tetap penasaran untuk mengikuti Indonesia Volcano Challenge 2013 bisa melakukan pendaftaran secara online ke form registrasi AM Bike Race.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments