Setel FD, Sulit Tetapi Tetap Harus Dilakukan

2

Ya memang setel FD (front derailleur) itu lebih sulit dibanding setel RD (rear derailleur) tapi toh FD harus disetel juga kan? Bayangkan saja bila FD tidak disetel dengan sempurna: mau nanjak tapi gak bisa pindah gigi 1, nuntunlah jadinya. Masih mending kalau cuma nuntun, bagaimana kalau waktu gowes sambil berdiri tiba-tiba rantai lepas dari crank? Hilang keseimbangan dan mungkin saja pedalis terjatuh!

Nah untuk menghindari itu semua ~ walau jarang dipindah-pindahkan, FD tetap harus dilakukan penyetelan. Solusi mudahnya sih memang bawa ke tukang sepeda, minta setel FD. Tapi bila ingin setel FD sendiri, berikut langkah-langkahnya sebagai panduan:

  1. Derailleur cage ~ lempengan logam yang mengapit rantai yang bertugas memindahkan rantai ke chainring, harus sejajar dengan chainring. Cek saja lempengan luar cage sejajar dengan chainring paling besar.
  2. Berikutnya jarak antara lempengan luar cage dengan chainring paling besar antara 2-4 mm. Kalau kurang dari 2 mm, cage bisa bergesekan dengan chainring sedangkan bila terlalu jauh nanti rantai tidak pindah dari chainring besar ke chainring nomor 2. Pengaturan ketinggian dan kelurusan cage menggunakan baut dudukan FD.
  3. Sekarang setel baut stopper low (L). Pindahkan dulu RD ke gigi 1/ gigi enteng, FD juga diposisi gigi 1. Atur jarak lempeng dalam bagian kiri cage dengan rantai sampai tidak menimbulkan gesekan antara rantai dengan cage, kira-kira 1 mm. Penyetelan akan lebih baik dilakukan sambil memutar pedal. Untuk menggeser cage ke kiri, putar baut stopper L ke kiri dan begitu sebaliknya.
  4. Sambil tetap memutar pedal, pindah FD ke gigi 2. Bila tidak pindah, kabel shifter FD kurang tarik. Putar ke kiri pengatur ketegangan kabel di shifter. Kalau berhasil pindah, cek juga jarak lempengan cage bagian dalam kiri dengan rantai ~ jangan sampai bergesekan. Atur jaraknya kira-kira 1 mm. Pengaturannya dengan mengendurkan/ menarik kabel shifter.
  5. Setelah itu pindahkan RD ke gigi 9-10 (gigi paling berat) dan coba pindahkan FD ke gigi 3. Bila tidak bisa memindahkan shifter ke gigi 3, stopper high (H) putar ke kiri untuk menggeser cage ke kanan. Tetapi kalau rantai malah lepas dari FD, putar baut stopper H ke kanan.
  6. Berhasil memindahkan FD ke gigi 3 bukan berarti selesai setel FD. Lihat juga jarak cage bagian dalam kanan dengan rantai, jangan terlalu jauh juga dan tentu jangan sampai bergesekan dengan rantai. Atur dengan memutar baut stopper H.
  7. Sekarang coba menurunkan FD dari gigi 3 ke gigi 2. Bila tidak bisa pastikan langkah nomor 1 & 2 sudah tepat. Pindahkan lagi sampai FD ke gigi 1, bila rantai lepas dari chainring paling kecil geser cage ke kanan dengan memutar baut stopper L ke kanan.

Nah pedalis sudah punya gambaran langkah-langkah penyetelan FD. Cobalah dan jangan menyerah bila gagal dalam percobaan pertama menyetel FD, butuh jam terbang memang untuk menajamkan feeling penyetelan FD.

Share.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

2 Comments

Komentar Kamu

Skip to toolbar