Berseli Ke Cilacap: Touring Kompromi

0

Liburan sekolah sudah usai. Ingin touring tapi terkendala harus memenuhi “hajat sebagai orangtua”, yakni membawa anak-anak berlibur. Apa akal? Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, touring ringan ke Cilacap menggunakan sepeda lipat bisa jadi pilihan. Apa saja yang bisa dilihat di Cilacap? Situs wikipedia ini bisa menjadi rujukan. Yang jelas, ada benteng pendem dan Pulau Nusakambangan.

Touring ringan ke Cilacap? Dari Jakarta?

Hmmm … tunggu dulu ya! Pedalis jangan berpikir bahwa ini harus digowes dari Jakarta. Jelas kalau menggowes dari Jakarta ke Cilacap tidak termasuk touring ringan. Yang kami maksud dengan touring ringan ini dari Purwokerto ke Cilacap. Nah, perjalanan dari Jakarta ke Purwokerto pedalis bisa memilih moda transportasi yang nyaman buat keluarga pedalis.

Jika menggunakan kereta, ada kereta Purwojaya yang berangkat pukul 06.30 dan sampai di Cilacap pukul 13.05. Reservasi bisa dilakukan di situs KA. Sampai di Purwokerto sekitar pukul 12.00. Nah, pedalis bisa turun di sini dan keluarga melanjutkan perjalanan ke Cilacap.

Di Purwokerto pedalis bisa makan siang dulu di Soto Jln Bank. Lokasinya tak jauh dari Stasiun KA. Tanya ke petugas kereta atau cari di GPS pedalis. Siang-siang ditemani makanan berkuah sungguh nikmat. Tak perlu ragu untuk menambah sebab porsi yang disajikan memang kudu nambah hehe …

Istirahat sebentar, lalu siap-siap untuk menggowes. Awal perjalanan jalanan agak menanjak. Namun rindah pohon masih memberi kesejukan kok. Lagi pula arah kita adalah pantai, yang tentu saja lebih banyak menurunnya.

Pedalis bisa menyusuri jalan utama ke Cilacap atau bisa juga mengambil jalan kampung. Tentu saja suasana lebih santai jika melewati perkampungan. Menyusuri Sungai Serayu sangat mengasyikkan. Mulai dari yang mengalir sampai kondisi airnya tenang pertanda sudah mendekati muara. Sungai Serayu memang bermuara di Teluk Penyu, tak jauh dari Kota Cilacap.

Selain menyusuri Sungai Serayu, pedalis juga dihibur dengan pemandangan sawah yang subur. Jika kebetulan sedang panen, bisalah pedalis berhenti sebentar memotret para pekerja yang sedang memanen.

Salah satu spot menarik dari rute ini adalah melewati jembatan yang ada lampu lalu lintasnya. Ya, karena jalurnya yang cukup untuk dilewati satu mobil ini maka lalu lalang kendaraan harus bergantian. Karena jaraknya cukup jauh dan di salah satu ujungnya adalah belokan, maka dipasanglah lampu lalu lintas.

Dengan berjalan santai maka tiba di Cilacap sebelum senja menjelang. Pedalis bisa mampir ke beberapa pantai yang ada di Teluk Penyu. Atau bisa langsung ke penginapan sebab keluarga sudah menunggu.

O ya, mengapa memilih sepeda lipat? Karena bisa masuk ke KA tanpa perlu biaya tambahan. Selain itu ringkas.

 

resize IMG_2137

Jembatan yang ada lampu lalu lintasnya.

Seli dari Purwokerto ke Cilacap

 

Share.

About Author

Always curious about bike and the philosophy of cycling.

Komentar Kamu

Skip to toolbar