Val d’Allos ~ terletak di selatan pegunungan Alpen, Perancis, menjadi seri kedua penyelenggaraan Enduro World Series (EWS) 2013, 29-30 Juni setelah seri pertama diadakan di Punta Ala, Italia. Val d’Allos sendiri merupakan tempat lahirnya enduro mountain bike racing ~ ajang adu ketrampilan dan kekuatan fisik dalam bersepeda.

Kesuksesan enduro mountain bike racing di Val d’Allos ~ pertama kali diselenggarakan tahun 2003 oleh Fred Glo, menginspirasi negara lain untuk menyontek format enduro mountain bike racing. Salah satu negara yang sukses dengan format itu adalah Italia dengan seri SuperEnduro. Dan kedua penyelenggaraan itulah kemudian yang menjadi cikal-bakal enduro world series.

Tak seperti di Punta Ala yang mengharuskan pebalap mengayuh sepeda menuju tempat start, di Val d’Allos menggunakan chairlifts untuk mengangkut para pebalap menuju tempat start. Chairlifts lebih akrab terlihat pada olahraga ski dan memang Val d’Allos ini merupakan resort tempat bermain ski yang terkenal di Perancis.

Selain itu seri 2 ini juga tidak memberikan keleluasaan pebalap untuk mencoba trek dengan sepeda. Pebalap hanya diberi 1 kesempatan mencoba trek setiap tahapnya sebelum memulai lomba. Beberapa pebalap mencoba mengenal trek dengan berjalan kaki tetapi dengan cepat mereka tersadar, tak mungkin melakukan inspeksi trek dengan berjalan kaki ke seluruh area lomba. “Menemukan racing line terbaik pada saat lomba merupakan warisan semangat dari enduro mountain bike racing,”  ujar Glo. “Bila anda mengenal trek dengan baik, sepedaannya tentu akan terasa beda.”

Seri 2 Val d’Allos akan menempuh 6 tahapan ~ 3 tahap pada hari Sabtu, serta sisanya pada hari Minggu. Tahap 4, tahapan paling sulit di Val d’Allos, akan dilalui sebanyak 2 kali sedangkan tahapan lainnya hanya dilalui 1 kali.

Val d'Allos CourseMap

Fokus penggemar enduro pada seri 2 ini tentu tertuju pada jawara seri 1 Fabien Barel serta kompatriotnya, juara bertahan Enduro French Cup, Jerome Clementz. Jangan lupakan pula nama-nama besar di dunia sepeda gunung  seperti Dan Atherton, Jared Graves dan Remy Absalon. Siapa kali ini yang akan tersenyum lebar di Minggu sore? Mari kita tunggu aksi para jawara enduro bermain-main di ketinggian pegunungan Alpen.

 

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments