Enduro world series (EWS) kembali berputar pada akhir pekan lalu, 6-7 July 2013, bertempat di gravity playground Crankworx Les 2 Alpes, Perancis. Tak seperti 2 seri sebelumnya, pada seri ketiga ini lomba EWS hanya berlangsung 1 hari menempuh 4 tahapan. Tracy Moseley kembali tak tertandingi untuk kategori wanita sekaligus mencetak hattrick di EWS 2013. Sementara itu Jerome Clementz membuktikan diri sebagai pebalap yang harus diperhatikan saat gelaran enduro berlangsung.

Walau berhasil mencetak hattrick di EWS 2013, Tracy Moseley kali ini tidak sesantai seri-seri sebelumnya. Tracy harus memacu sepedanya sejak etape 1 ~ etape yang dimenangkan oleh Emmeline Ragot. Tracy Moseley baru berhasil mengambil alih pimpinan sementara pada etape 2 dan semakin melaju di etape 3 yang berhasil dimenangkannya. Pada akhir lomba, Cecile Ravanel hanya berjarak 15,3 detik saja untuk menempati posisi 2. Sementara itu Emmeline Ragot yang berhasil menjadi tercepat di etape 1, harus puas menempati posisi 3 di akhir lomba ~ 21,9 detik di belakang Tracy.

EWS 2013 Seri 3 Les 2 Alpes Map

Untuk kategori pria, seperti biasa terjadi pertarungan ketat antara beberapa pebalap papan atas enduro. Jerome Clementz, yang di setiap seri selalu menjadi favorit, menunjukkan kekuatannya di etape 1 ~ etape paling berat dari sisi fisik karena memiliki tanjakan panjang yang menguras tenaga. Jerome unggul hingga 25 detik lebih dari juara EWS 2013 seri 2, Nico Vouilloz.

Sejak etape 2 hingga etape 4 tampaknya trek yang dilalui cenderung menguntungkan para downhillers. Setelah Nico Vouilloz menguasai etape 2, Loic Bruno dan Sam Blenkinsop dengan kemampuan DHnya menjadi tercepat di etape 3 dan 4. Secara keseluruhan Nico Vouilloz menempati posisi 2 diikuti Sam Blenkinsop sebagai juara 3.

Kemana pemegang poin tertinggi enduro hingga seri 2, Jared Graves serta juara seri 1 Fabien Barrel?

Setelah menjuarai seri 1, Fabien Barrel belum bisa lepas dari masalah pada bannya. Ia kembali mengalami pecah ban pada etape 2 ~ menghancurkan harapannya menjuarai seri 3. Sementara itu Jared Graves melewatkan sebuah tikungan ke kanan pada etape 1. Bablasnya Jared Graves disebabkan karena menghilangnya pita batas trek ditambah tidak hafalnya Jared Graves dengan trek yang dilalui. Jared melaju kencang di turunan lurus panjang, melewati tikungan sebelum menyadari tak ada lagi trek yang dilalui. Ia kemudian berbalik arah dan memanggul sepeda menaiki bukit ~ yang baru dilewati dengan kecepatan lebih dari 50 kpj, untuk kembali ke trek yang benar. Paling tidak 1 menit Jared Graves kehilangan waktu. Di akhir etape 1 itu Jared Graves tertinggal 1 menit 13 detik dari Jerome Clementz. Dengan semangat enduro yang berkobar-kobar, Jared Graves akhirnya berhasil naik ke posisi 6 pada akhir etape 4.

Jared Graves - Yeti at EWS 2013 Seri 3 Les 2 Alpes

Melewati 3 seri, pemegang poin tertinggi kategori pria kembali berganti orang. Jerome Clementz mengambil alih posisi 1 dengan total poin 1340, bersaing ketat dengan Jared Graves serta Nico Vouilloz. Dengan hattrick di EWS 2013 Tracy Moseley tentu mengumpulkan poin sempurna, 1800 poin untuk memimpin di kategori wanita.

Setelah bermain-main di benua Eropa, Enduro World Series 2013 akan menyeberang ke benua Amerika untuk 2 seri berikutnya. Seri 4 akan dilangsungkan pada akhir bulan ini, 27-28 July di Colorado Freeride Festival dilanjutkan Kanada sebagai tuan rumah seri 5 pada 10-11 Agustus 2013.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments