Chris Froome dari tim Sky Procycling memastikan diri menjuarai Tour de France 2013 dan menjadi pebalap Inggris kedua berturut-turut menjuarai perlombaan sepeda paling bergengsi di dunia, setelah tahun lalu Sir Bradley Wiggins, juga dari tim Sky Procycling, menjuarai kejuaraan ini.

Froome mengenakan yellow jersey, tanda pemegang puncak general classification, setelah menjuarai etape ke-8 ~ etape pegunungan pertama Tour de France 2013. Sejak saat itu Froome tak pernah menyerahkan yellow jersey kepada pebalap lain. Total waktu yang dicatat Froome untuk menjuarai Tour de France 2013 adalah 83 jam 56 menit 40 detik. Froome unggul 4 menit 20 detik atas Nairo Quintana dari tim Movistar dan 5 menit 4 detik atas Joaquin Rodriguez dari tim Katusha.

Saat menjalankan etape terakhir itu terlihat Froome memegang gelas berisi sampanye dan melakukan toast dengan manager tim Sky Procycling, Dave Brailsford. Selebrasi tersebut merupakan tradisi pemenang Tour de France di etape terakhir, etape selebrasi karena bermedan datar dari Versailles menuju Paris.

Chris Froome - Contador [skysports_com]

Tour de France 2013 merupakan balapan yang ke-100 sejak dimulainya kejuaraan ini pada tahun 1903 dan hanya kosong ketika terjadi perang dunia I (1915-1918) dan perang dunia II (1941-1946). Selebihnya setiap tahun lomba ini berlangsung tanpa jeda. Berlangsung dari tanggal 29 Juni – 21 Juli 2013 menempuh jarak 3.403,5km, diikuti oleh 19 team. Start dari kota Porto-Vecchio, Corsica dan finish di Paris, Perancis. Menurut pebalap yang mengikuti Tour de France 2013, tahun ini lebih berat dua kali lipat dibandingkan dengan Tour de France tahun sebelumnya.

GC Tour de France 2013

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments