Hari keempat kekompakan tim Jelajah Sepeda Sabang Padang mulai terbentuk. Begitu juga dengan tim pendukung seperti pemotor yang bertugas menyuplai makanan atau minuman bagi peserta. Hal ini sangat membantu dalam kelancaran perjalanan.

Etape kali ini dilepas oleh pejabat lengkap Kabupaten Aceh Barat. Bupati dan jajaran Muspida hadir di teras depan Kantor Bupati. Dalam salah satu sambutannya, Bupati sangat senang daerahnya dilintasi tim jelajah sepeda. Dia juga menyatakan bahwa Meulaboh terbuka bagi pesepeda yang melintas.

Seperti biasa pagi dinaungi mendung. Terlebih semalam hujan angin cukup deras membasahi kota yang terkenal dengan martabaknya. Pada rute sejauh sekitar 150 km ini ~ dari Meulaboh ke Blang Pidie ~ peserta jelajah bisa menyaksikan perubahan lahan hutan gambut atau hutan pada umumnya menjadi lahan sawit. Memang, di beberapa tempat tanaman sawit sudah berproduksi cukup lama. Akan tetapi banyak lahan yang baru dibuka beberapa tahun belakangan ini. Terlihat pohon sawitnya masih rendah.

Di lahan sawit inilah peserta jelajah sepeda berjibaku menahan panas dan juga kontur naik-turun (rolling). Kondisi tersebut membuat peserta terbagi menjadi beberapa kelompok dan bergabung kembali saat di turunan.

Etape 4 Meulaboh - Blangpidie

Tim jelajah sepeda sempat melakukan regrouping di tengah kebun sawit, sekalian mengisi BBM ~ bahan bakar manusia ~ namun bukan makan besar. Hanya makanan ringan yang cukup mengenyangkan. Berhubung suplai berlimpah banyak peserta yang makan membabi buta. Regrouping di tengah kebun sawit tersebut ternyata tidak jauh dari tempat makan siang, warung makan Vini. Kejutan terjadi di warung makan Vini. Warung Vini sudah menyiapkan sambutan dengan spanduk selamat datang dan tenda untuk menaungi beberapa kursi. Sajian kepala kakap merah menyapa peserta jelajah sepeda.

Memasuki perbatasan Aceh Barat dan Aceh Barat Daya rombongan disambut Wakil Bupati dan komunitas onthel. Sebgian dari komunitas onthel tersebut mengiringi peserta jelajah sepeda sampai ke Blangpidie. Memasuki Aceh Barat Daya lahan sawit tergantikan oleh hamparan sawah menguning. Selintas wilayah perbatasan ini mirip dengan daerah Pelabuhan Ratu. Pinggir pantai, persawahan, perbukitan menjadi latar belakang.

Blangpidie

Sekitar pukul 17.00 rombongan tiba di Hotel Grand Leuser, Blangpidie. Selesai sudah etape ke-4.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments