Saat berselancar di dunia maya, mencari informasi mengenai sepeda, kami selalu tertegun. Tertegun pada sederetan foto-foto indah trek-trek sepeda di dunia. Ah…. betapa indahnya dunia ini.

Namun sekejap kemudian kami tergelitik, sebagian besar itu merupakan lanskap alam di luar sana ~ di negeri orang ~ bukan lanskap alam tanah air kami. Tak lama kemudian sederet kenangan indah berkelebat cepat di pikiran kami. Kenangan indah saat menikmati keindahan alam Indonesia dari atas sepeda. Hijaunya deretan kebun teh peninggalan masa penjajahan, gemuruh suara air terjun, indahnya pesisir pantai selatan mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara dan masih banyak lagi.

Sayangnya, kenangan itu hanya tersimpan dalam memori kita, sangat jarang terdokumentasikan dengan baik ~ video maupun foto sekalipun. Beberapa foto dan video indah mengenai Indonesia pun dibuat oleh turis-turis asing. Ah….. mengapa kita malu-malu mengekspos alam kita?

Bukittinggi's famous volcanoes started to mark the horizon as we climbed up towards the city at 950m. Highlux Photos

Dari kegundahan hati itu munculah keinginan untuk berbagi keindahan alam Indonesia. Pemerintah Indonesia sebetulnya memiliki slogan pariwisata Wonderful Indonesia. Slogan itu mulai muncul sejak tahun 2011 hingga saat ini. Walau kampanye Wonderful Indonesia belum didukung sepenuhnya dengan perbaikan infrastruktur di sebagian besar tujuan wisata, tak ada salahnya kita membantu menyebarluaskan Wonderful Indonesia. Tentu dengan cara kita sebagai pedalis yang suka melakukan penjelajahan di medan offroad maupun melakukan touring ke berbagai wilayah di Indonesia.

20130914_081750

Mari kita sebarluaskan keindahan alam Indonesia. Jangan kalah dengan orang-orang bule itu yang mendokumentasikan dengan sangat baik keindahan alam mereka. Alam negeri kita sama bagusnya dengan alam mereka. Budaya kita pun tak kalah eksotisnya dengan budaya mereka. Mulailah membuat foto yang indah ~ tak hanya foto narsis saat bersepeda. Tambahkan narasi menarik dan sebarkan foto-foto itu di dunia maya.

Hutchinson_UR_Fabien_steep

Kesulitan menyebarluaskan foto-foto dan tulisan menarik? Kirimkan saja ke [email protected]. Kami tentu dengan senang hati membantu menyebarluaskan cerita pedalis mengenai Wonderful Indonesia.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments