pedalku.com – Benda satu ini pasti dibutuhkan saat pedalis melakukan perjalanan jarak jauh atau touring. Ya, pannier selalu setia menempel di sepeda pedalis saat touring. Ada yang dua di belakang, ada juga yang empat: dua di depan dan dua di belakang.

Pannier berasal dari bahasa Prancis Kuno yang mengambilnya dari bahasa Latin klasik. Artinya keranjang roti.

Ada banyak ragam pannier sepeda. Untuk touring bisa membawa empat pannier, yang biasanya dijual sepasang. Dengan modal empat pannier itu pedalis bisa menggowes selama berhari-hari. Sedangkan pedalis yang bersepeda ke kantor bisa menggunakan pannier yang lebih kecil dan cukup satu saja. Selain peralatan kantor (jika membawa laptop) pannier ini cukup untuk memuat pakaian ganti.

Pannier khusus sepeda pertama kali dipatenkan oleh John B. Wood dari Camden, New Jersey, AS tahun 1884. Sedangkan pannier yang lebih modern ditemukan oleh Hartley Alley (1919 – 2001) dari Boulder, Colorado, AS tahun 1971. Alley pula yang merancang tas yang dipasang di setang dan tas sepeda lainnya. Ia membuat tas-tas itu dan menjualnya dengan label Touring Cyclist di tahun 1970-an sampai pensiun tahun 1984.

Pannier sepeda umumnya dibuat dari nilon atau bahan pabrikan lainnya. Karena pedalis yang touring sering menerabas hujan, banyak pannier dibuat antiair atau anticipratan. Untuk jenis yang lebih murah melengkapinya dengan pelindung hujan sebagai asesoris tambahan. (wikipedia)

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments