Cycling Medicine by Dr. Hario Tilarso, Manfaat Bersepeda

3

Dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM ~ salah satu dokter olahraga terkemuka di Indonesia ~ berbagi ilmu yang dimiliki pada penyelenggaraan Bikenation yang  berlangsung di Bentara Budaya Jakarta, 8-9 November 2013. Pada sesi sharing tanggal 9 November 2013, Dr. Hario membawakan materi berupa Cycling Medicine dengan cukup menarik dan mudah dimengerti.

Menyesal tak mengikuti sesi sharing Dr. Hario Tilarso? Ya, memang sebaiknya begitu karena dari sesi itu banyak sekali pengetahuan yang didapat mengenai dunia sepeda, tak hanya karena Dr. Hario mendalami ilmu kedokteran olahraga tetapi Dr. Hario ternyata juga seorang atlit sepeda road di jamannya.

Nah, biar tidak terlalu kecewa, pedalku dengan senang hati memberikan pengetahuan yang diberikan Dr. Hario mengenai Cycling Medicine dalam beberapa tulisan. Bagian pertama ini pedalku akan memaparkan mengenai manfaat bersepeda.

Olahraga bersepeda menurut Cycling Medicine adalah orang naik sepeda dan menggenjot agar sepeda bergerak. Dari olahraga bersepeda itu, beberapa manfaat akan didapat pedalis, yaitu :

  1. Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru.
  2. Meningkatkan kekuatan otot.
  3. Menurunkan lemak badan.
  4. Menurunkan berat badan.
  5. Menurunkan tekanan darah.
  6. Menurunkan gula darah.
  7. Meningkatkan diameter pembuluh darah.
  8. Menurunkan resiko penyakit jantung koroner (PJK).
  9. Menurunkan resiko osteoporosis.

Dari 9 manfaat olahraga bersepeda, alasan yang paling banyak digunakan pedalis adalah menurunkan berat badan dan lemak badan. Karena alasan itu, pedalis sering kali mengenakan jaket saat bersepeda ~ tentu dengan alasan agar lebih cepat menurunkan berat badan atau lemak badan.

Menurut Dr. Hario, praktek mengenakan jaket parasut atau tebal saat olahraga bersepeda itu salah karena dengan mengenakan jaket tersebut bukan lemak yang akan berkurang dengan cepat tetapi cairan tubuhlah yang akan berkurang dengan cepat. Oleh karena itu hindari olahraga bersepeda mengenakan jaket, kecuali dalam cuaca dingin atau hujan dan jaketnya memang buat gaya! 🙂

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

3 Comments

Komentar Kamu

Skip to toolbar