pedalku.com – Pedalis tentu sudah merasakan manfaat bersepeda. Nah, untuk mengoptimalkan manfaat itu, pedalis tentu harus menghindari cedera dan bersepeda pada saat yang tepat.

Lima saran dari dr. A. Andi Kurniawan, Sp.KO , dari Indonesia Sport Medicine Centre, Kelapa Gading, Jakarta Utara berikut ini – yang diambil dari laman Intisari Online ini bisa pedalis perhatikan.

  1. Awali dan akhiri aktivitas bersepeda dengan pemanasan dan peregangan.
  2. Konsumsi air dalam jumlah cukup untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit akan meningkatkan risiko terjadinya kram otot. Di beberapa literatur dipaparkan insiden cedera paling sering terjadi karena kram otot betis.
  3. Kenakan pakaian dengan pilihan warna dan jenis bahan yang sesuai dengan kondisi cuaca. Misalnya, di saat panas, gunakan pakaian berwarna terang (putih) dengan bahan yang ringan dan memiliki serat yang tidak terlalu rapat sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Kalau cuacanya dingin, jangan mengenakan kostum yang berbahan tipis.
  4. Saat bersepeda di luar ruangan, pertimbangkan penggunaan sarung tangan dan kaca mata penangkal sinar matahari. Sarung tangan bermanfaat untuk melindungi tangan kita bila terjatuh dan memantapkan pegangan tangan kita pada setir sepeda.
  5. Pakai sepatu yang sesuai dan nyaman digunakan.

Hal yang tak kalah penting, bersepedalah secara proporsional. Jika berlebihan atau terlalu memaksakan diri, seringkali muncul keluhan karena pegal di beberapa titik persendian (punggung, pergelangan tangan, betis). Jadi, mulailah dari yang berintensitas rendah, jangan langsung ngebut.

Kecepatan bisa ditingkatkan secara perlahan. Durasinya pun tak usah terlalu lama, apalagi bagi yang tidak pernah atau jarang bersepeda. Mulailah dari yang ringan dan durasi yang singkat terlebih dahulu.

Selamat bersepeda!

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments