Pedalku.com – Pertanyaan mengenai mana ukuran ban sepeda yang lebih baik masih sering diajukan. Untuk menjawab pertanyaan itu, Scott ~ salah satu produsen sepeda ~ membuat perbandingan menarik antara sepeda gunung berukuran 29 dengan 27,5. Tetapi mereka tidak begitu saja menentukan mana yang lebih baik, tergantung karakter trek yang dilalui. Yang pasti dan lugas mereka ucapkan, “Yes, size does matter !”

Akselerasi
Akselerasi menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih ukuran sepeda. Semakin besar lingkar ban yang digunakan, semakin lambat akselerasi untuk menggerakkan sepeda mencapai kecepatan tertentu. Energi yang digunakan pun akan lebih besar saat menggerakkan sepeda dengan diameter ban lebih besar. Dengan karakter trek yang stop and go, 27,5 akan lebih baik dibanding 29.

29 vs 27_5 Scott - Acceleration

Momentum
Seperti akselerasi, momentum pastinya menjadi hal penting pertimbangan pedalis. Ya, dengan ban yang lebih besar, 29 lebih baik dalam mempertahankan kecepatan di jalur makadam.

29 vs 27_5 Scott - Momentum

Tak hanya akselerasi dan momentum tentunya yang menjadi pertimbangan. Hal lain seperti roll-over, traksi dan pilihan panjang travel shock juga dapat menjadi pertimbangan. Untuk mengetahui lebih lengkap, pedalis bisa melihat di situsĀ http://wheelsizematters.scott-sports.com.

29 vs 27_5 Scott

Sudah cukup jelas kan perbedaannya? Semua tergantung dari trek yang akan dilalui. Nah daripada berdebat lebih jauh lagi, lebih baik segera ambil sepeda yang dimiliki dan mulailah menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Belum punya waktu? Tonton saja video dari team Scott ini di Enduro World Series 2013 seri terakhir.

[youtube id=”AbcIhFktHNo” width=”620″ height=”360″]

Sumber : Scott-sport.com

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments