Pedalku.com – Minggu siang, 17 Agustus 2014, sekitar 50 peserta Jelajah Sepeda Manado – Makassar (JSMM) sudah tiba di Hotel Novotel Manado. Mereka berasal dari berbagai komunitas, mulai dari Padang sampai Makassar. Sebagian peserta adalah pemenang undian Minang Bike 2014 yang diselenggarakan juga oleh Harian Kompas beberapa bulan lalu.

Begitu mendarat di bandara Sam Ratulangi Manado, peserta tidak langsung menuju Hotel Novotel. Namun dijamu makan siang di kampung salah satu peserta. Desa Lembean, Kauditan, Minahasa Utara menjadi tempat pertama yang dituju peserta JSMM. Dengan alunan musik kolintang, menu khas Manado yang disajikan secara prasmanan langsung diserbu para peserta yang memang sudah kelaparan.

Beberapa  menu itu bagi beberapa orang masih asing. Misalnya saja kue lampu-lampu yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula cair. Lalu ada sayur pangi yang mirip bunthel di Jawa. Kalau bunthel pembungkusnya adalah daun papaya atau talas, sayur pangi menggunakan daun pangi. Isinya bisa ikan atau ayam. Daun pangi itu sendiri merupakan daun dari buah kluwak ~ buah yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan Manado.

Setelah makan siang baru peserta menuju ke hotel untuk mempersiapkan sepedanya masing-masing. Beragam polah tingkah para pesepeda menjadi hiburan saat masing-masing merakit sepedanya. Ada yang cepat merakit, namun masih ada beberapa yang clingak-clinguk agak grogi.

Tak lupa ketua panitia JSMM Jannes Eudes Wawa, memberikan gambaran secara singkat apa itu jelajah sepeda. Begitu juga dengan Nugroho F. Yudho dari Humas Kompas Gramedia memberikan beberapa patah kata untuk menyambut peserta JSMM. “Ini perjalanan bersepeda jarak jauh saya. Soalnya saya sehari-hari hanya bersepeda dari rumah ke kantor. Ikut Jelajah ya karena menjadi panitia,” begitu kata om Nugroho saat menjelaskan mengapa ia selalu ikut jelajah sepeda.

Jelajah Sepeda Manado – Makassar akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2014. Menurut rencana etape 1 JSMM akan dilepas pada pukul 07.00 WITA oleh bapak Drs. Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara. Etape 1 akan menempuh perjalanan dari Manado menuju Tomohon dan berakhir di Amurang ~ 84 km dari Manado.

Sampai ketemu di etape – etape selanjutnya.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments