Pedalku.com – Pagi ini, Sabtu 23 Agustus 2014, tim Jelajah Sepeda Manado Makassar start lebih pagi dari biasanya, mengejar jadwal keberangkatan feri yang akan membawa mereka berlayar ke Ampana. Pukul 06:10 WITA tim jelajah sepeda sudah meninggalkan hotel Irene menuju Pelabuhan Bumbulan Indah di kecamatan Paguat, kabupaten Pohuwato. Jarak 24 kilometer ditempuh dalam waktu 1 jam.

Pelabuhan Bumbulan Indah, Paguat melayani penyeberangan ke Ampana setiap hari Rabu dan Sabtu dengan jadwal keberangkatan pukul 08:00 WITA. Sedangkan penyeberangan dari Ampana akan tiba di pelabuhan bumbulan Indah pada hari Selasa dan Jum’at. “Pelayaran hari ini merupakan pelayaran terakhir sebelum docking,” ujar Jojo, koordinator pelabuhan Bumbulan Indah yang saat itu bertugas. Docking yang dimaksud Jojo adalah proses pengecekan serta perbaikan kapal bila ditemukan kebocoran atau masalah lainnya.

Kapal feri yang mengangkut tim jelajah sepeda tidaklah sebesar kapal feri penyeberangan selat Sunda. Kapal feri Cengkih Afo ~ begitu kapal feri itu dinamakan ~  hanya memiliki kapasitas 260 orang. Sebelum tiba di pelabuhan Ampana, Cengkih Afo akan berlabuh sejenak di kepulauan Togean, tepatnya di Dolong, kota kecil pulau Waleakodi.

IMG-20140823-WA0000

Kapal Cengkih Afo akan berlayar selama 15 jam, sehingga tim jelajah sepeda diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Ampana pada pukul 24:00 WITA bila mulai berlayar pada pukul 09:00 WITA. Waktu yang cukup lama berada di atas kapal dimanfaatkan peserta untuk memulihkan tenaga. Tak lupa sebagian dari mereka pun melakukan hal lain seperti menjemur pakaian di geladak kapal.

 

Foto : Facebook (Anton Sanjoyo)

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

6 comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Cool! Must be a fun touring from Manado to Makassar by yourself.
    Where do you come from om FSuhandra T?

    • I liked to knew my country Indonesia by cycling. This time I tour to Sulawesi, 3 years later I am cycling from Malang to Banyuwangi still in East Java.
      fr Gilimanuk to Bedugul, Kintamani and finish in Amed at east of Bali .
      in 1912 cycling fr Mataram in Lombok through north part of Lombok to east part and by ferry going to Sumbawa and finish in Bima.
      in Des 1913 I am start cycling from Kupang at Timor island to Dilli at Timor Leste.

Recent Comments