Bersepeda Bikin Kita Lebih Bahagia

0

Pedalku.com -Bagi pedalis yang rutin gowes ke kantor tentu merasakan bagaimana kesehatan mereka yang semakin membaik. Bahkan ada yang merasa lebih segar dibandingkan dengan temannya yang tak menggowes. Ini dia lihat dari beberapa temannya yang rela menunggu lift untuk ke lantai tempat kerjanya padahal lift cuma satu dan baru saja beranjak ke atas.

Lalu bagaimana pedalis yang ber-b2w tadi melihat situasi seperti itu? Tanpa rasa mengeluh ia segera beranjak menuju tangga darurat. Empat lima lantai masih sanggup ia lewati.

Nah, nilai lebih tadi masih bertambah lo pedalis. Itu kata penelitian dari Inggris. Bersepeda atau berjalan kaki ke kantor bermanfaat bagi kesehatan psikologis seseorang. Begitu kesimpulan dari penelitian itu.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti menganalisis informasi dari sekitar 18 ribu penglaju (komuter) di Inggris.

Dalam penelitian, para peneliti memperhitungkan berbagai faktor yang memengaruhi kesejahteraan seperti pendapatan, kesehatan secara keseluruhan dan apakah partisipan telah memiliki anak. Para peneliti lalu memberikan nilai pada masing-masing jawaban partisipan. Para partisipan menyelesaikan survei setidaknya tiga tahun berturut-turut antara tahun 1991 dan 2009.

Hasil penelitian memperlihatkan, orang yang berjalan atau bersepeda untuk sampai ke tempat kerja memiliki nilai kesejahteraan lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengemudikan kendaraan bermotor.  Secara khusus, mereka yang mengendarai sendiri kendaraan bermotor untuk sampai di kantor, 13 persen lebih tinggi merasa tertekan dan tidak mampu konsentrasi dibandingkan mereka yang berjalan atau bersepeda.

Penelitian juga menemukan, orang-orang yang beralih dari mengemudikan sendiri kendaraan bermotor menjadi berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja cenderung mengalami peningkatan kesejahteraan.

“Hasil ini tampaknya menunjukkan, tak mengendarai mobil mungkin bermanfaat untuk kesejahteraan,” tulis para peneliti dalam Jurnal Preventive Medicine edisi 15 September.

Di samping itu, secara mengejutkan, penelitian ini juga menemukan orang yang menggunakan transportasi umum pun memiliki nilai kesejahteraan lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengendarai kendaraan bermotor ke tempat kerja.

Para peneliti mengatakan, temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang mengaitkan olahraga dengan perbaikan suasana hati.

“Anda mungkin berpikir hal-hal seperti gangguan pada layanan (transportasi umum) atau kerumunan penumpang mungkin menjadi penyebab stres. Namun, bus dan kereta api ternyata juga memberikan waktu bagi orang-orang untuk rilek, membaca atau bersosialisasi ,” ujar salah satu peneliti studi dari University of East Anglia Norwich Medical School, Adam Martin.

Nah, ayo pedalis. Bertambah lagi keuntungan kita bersepeda ke kantor ‘kan? (Antara)

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar