Pedalku.com – Jangan lupakan asupan protein saat melakukan carbo-loading ~ memakan makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengganti energi yang terkuras. Asupan protein sangat penting, terutama setelah pedalis melakukan aktivitas bersepeda yang berat. Mengapa? Karena protein dapat memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Saat bersepeda, jaringan otot akan mengalami stress dan terjadilah sobekan pada jaringan otot tersebut ~  walau hanya berukuran kecil sekalipun. Tetapi tak perlu khawatir, karena tubuh pedalis akan segera memperbaiki jaringan otot yang sobek tersebut. Saat tubuh melakukan perbaikan itulah rasa sakit dirasakan oleh pedalis ~ bengkak atau terasa panas dan perih pada bagian jaringan otot yang sobek.

Untuk mempercepat proses recovery jaringan otot itulah gunanya protein. Walau protein bukan sebagai sumber energi utama seperti karbohidrat, tetapi peran protein untuk memperbaiki kerusakan jaringan otot sangat besar.

Tak hanya asupan karbohidrat dan protein saja yang perlu pedalis perhatikan, waktu atau lamanya pedalis mengkonsumsi asupan pengganti itu setelah bersepeda, juga perlu diperhatikan agar perbaikan jaringan otot itu maksimal. Menurut Max Testa, MD (kepala medis tim balap sepeda BMC),  “15 hingga 30 menit setelah aktivitas bersepeda merupakan waktu ideal untuk memberi asupan pada otot.” “Setelah 60 – 90 menit, beri asupan lagi pada tubuh, “ lanjutnya.

Saat pedalis hendak beranjak ke tempat tidur pada malam hari, akan lebih baik kembali mengkonsumsi protein. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, asupan protein yang dicampurkan pada minuman dan diminum 30 menit sebelum tidur, akan mempercepat proses penyerapan protein pada otot hingga 22 persen.

Berapa banyak asupan protein yang dibutuhkan tubuh setelah melakukan aktivitas bersepeda?

Jumlah asupan protein setiap hari tentu tergantung dari intensitas bersepeda pedalis. Tetapi sebagai patokan, pedalis membutuhkan 1,2 – 1,4 gram protein per kilogram berat badan pedalis. Jadi bila pedalis memiliki berat 70 kg, maka asupan protein setiap hari adalah sebanyak 84 – 98 gram. Jangan lupa, itu asupan protein dalam satu hari ya, bukan sekali makan.

84 – 98 gram protein itu darimana? Untuk membantu pedalis mengira-ngira banyaknya protein yang dikonsumsi, 32 gram protein dapat dihasilkan dari 1 potong dada ayam seberat 100 gram. Sementara itu pada sepotong daging atau ikan (100 gram), protein yang terkandung berkisar antara 25 – 30 gram, 1 butir telur rebus mengandung 6 gram protein dan terdapat 7 gram protein pada segelas susu.

Jadi bila pedalis ingin memaksimalkan latihan, jangan lupa untuk melakukan recovery tubuh dengan benar. Recovery sama berharganya dengan latihan. Untuk melakukan recovery dengan baik, salah satunya dengan asupan protein yang tepat.

Saat tubuh pedalis belum pulih dengan sempurna, latihan yang dilakukan pedalis menjadi kurang bermanfaat. Tubuh pedalis pun akan menjadi cepat lelah.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments