Setting Sag Suspensi Biar Ngacir Di Jalan Rusak

1

Pedalku.com – Punya sepeda fulsus (full suspension) emang enak. Apalagi kalau pedalis suka offroad. Jalanan rusak atau trek makadam bisa digeber abis, gak perlu takut sepeda menjadi liar. Tapi jangan lupa suspensinya disetting biar nyaman dan tambah ngacir di makadam.

Untuk setting suspensi, biasanya disarankan sag suspensi sebesar 25%. Apa itu sag? Sag itu jarak turunnya suspensi saat suspensi mendapat tekanan dari tubuh yang sepenuhnya berada di atas sepeda, tanpa hentakan untuk memberi tekanan berlebih pada suspensi.

Untuk menyetting suspensi memang paling enak bila menggunakan suspensi udara, baik untuk rear shock ataupun fork. Suspensi yang menggunakan oli dan per bukan berarti tidak bisa dilakukan penyetelan, tapi butuh waktu ekstra dan harus bongkar-pasang suspensi karena pedalis harus mengganti kekerasan per yang sesuai. Dan itu membutuhkan keahlian dan peralatan khusus.

Bagaimana cara menyetting suspensi bertekanan udara?

  1. Pakailah perlengkapan lengkap yang akan digunakan saat bersepeda. Perlengkapan ini termasuk tas atau kantung air (beserta airnya) yang biasa dibawa. Bila suspensi memiliki karet O ring, kembalikan dulu ke posisi mentok dengan seal suspensi. Kalau tidak punya, gunakan cable tie yang diikat pada stanchion atau batang suspensi yang bergerak. O ring atau cable tie itu gunanya hanya sebagai tanda saja kok.
  2. Duduklah di atas sepeda, seperti saat akan menggowes. Nah untuk langkah selanjutnya, perlu bantuan dari orang lain. Kalau tidak ada, mepet saja ke tembok atau pintu.
  3. Perlahan-lahan tempatkan kedua kaki pada pedal dan tanpa hentakan, naikkan badan pedalis sampai posisi berdiri di atas sepeda. Kedua tangan di handle bar. Tahan beberapa saat, kemudian turun perlahan-lahan ke posisi duduk lagi. Setelah itu turunlah dari atas sepeda.
  4. Lihat posisi O ring pada masing-masing suspensi (rear shock dan fork). Ukur jarak O ring ke posisi seal suspensi. Apakah jaraknya seperempat (25%) dari travel suspensi? Kalau sudah 25% berarti setting suspensi sudah tepat.
  5. Bila jarak sag lebih dari 25%, tambahkan udara pada suspensi itu. Bila jaraknya kurang dari 25%, berarti tekana udara terlalu tinggi, suspensi akan terasa keras. Kurangi tekanan anginnya. Setelah ditambah atau dikurangi tekanan anginnya, ulang kembali langkah penyetelan suspensi dari awal.

Specialized-Auto-Sag

Sudah selesai setting suspensinya? Yuk kita offroad…..

 

Foto Specialized Auto Sag : mtbr.com

Share.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

1 Comment

  1. mantap om artikel nya.. btw, lagi cari fork yg pake udara, kira2 ada rekomendasi merk yg relatif bagus tapi tidak bikin kantong bolong ngga om? thanks

Komentar Kamu

Skip to toolbar