Wez&Go Bike Sharing Indonesia

0

Pedalku.com – Bike2Work Indonesia, Logika Interaktif dan Pariwara City-Friendly berkolaborasi melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Kolaborasi untuk merealisasikan Wez&Go Bike Sharing Indonesia yang rencananya akan diluncurkan pada bulan Februari 2015. Program Wez&Go ini juga diperuntukkan bagi Misi Berbagi dan mendukung Enjoy Jakarta.

Dalam video publikasi yang diunggah di youtube, konsep Bike Sharing Indonesia ini menggunakan 100% docking system yang didesain oleh anak bangsa, mulai dari sistem hingga karoserinya. Docking system akan ditempatkan di dekat halte busway, stasiun kereta api dan beberapa lokasi bisnis. Jarak antar docking dibuat tidak terlalu jauh, berkisar 1km. Sepeda yang digunakan juga didesain khusus untuk system Wez&Go, menggunakan rem torpedo dan internal gear dengan tiga tingkat kecepatan. Desain ini diyakini dapat meminimalisir biaya perawatan.

Bike sharing system adalah layanan bersepeda yang disediakan untuk digunakan bersama-sama oleh siapapun untuk menempuh jarak yang tidak terlalu jauh. Sistem ini mengijinkan seseorang untuk menyewa sepeda dari titik ‘A’ dan mengembalikannya di titik ‘B’. Dengan sistem bike sharing memungkinkan satu sepeda dipakai oleh lebih dari satu orang per hari.

Cara menggunakan Wez&Go sangat mudah, dengan menggunakan smartcard yang di dalamnya tersimpan identitas pengguna dan jumlah nominal:

  1. Tap smartcard pada sensor untuk membuka pengunci sepeda dan tarik sepeda dari docking
  2. Kayuh sepeda menuju docking station tujuan
  3. Masukkan/kembalikan sepeda ke docking station tujuan

Bike sharing mulai diperkenalkan di Eropa pada tahun 1965. Saat ini bike sharing sistem sudah diterapkan di lima benua, 712 kota dengan mengoperasikan 806.200 sepeda dan 37.500 dockstation. Wuhan and Hangzhaou Public Bicycle di Tiongkok adalah bike sharing terbesar di dunia yang mengoperasikan 90.000 dan 60.000 sepeda serta 2.400 dockstation. The Velib, Paris merupakan bike sharing sistem terbesar di luar Tiongkok. Hingga saat ini bike sharing sistem sudah dilaksanakan di kota-kota besar di Amerika, Spanyol, Itali, Jepang.

Di Indonesia, pada bulan Juni 2012  Bandung sudah mulai menerapkan sistem ini. Bike sharing di Bandung ini diklaim sebagai yang pertama di Asia Tenggara.

Program Wez&Go, Bike Sharing Indonesia ini diharapkan mampu menjadi solusi alternatif  untuk mengurangi kemacetan, solusi alternatif untuk penyediaan transportasi sehat dan ramah lingkungan dan juga sebagai alternatif pendukung peningkatan aspek pariwisata kota.

About Author

Some one who use pedal to maintain his healthy and happines

Komentar Kamu

Skip to toolbar