pedalku.com – Jakarta berencana mengaplikasian sistem sepeda berbagi. Satu sepeda bisa dipakai bergantian untuk menuju titik-titik tertentu dengan menyewanya. Jaraknya tentu tidak terlalu jauh dan berkoneksi dengan sistem angkutan massal lainnya. Seperti Bus Transjakarta atau kereta Commuter Line. Tentu pedalis harus membayar sejumlah rupiah untuk menggunakan layanan itu.

Konsep ini mirip dengan Sepeda Boris yang sudah berjalan di London. Bagaimana sistem kerja sepeda berbagi ini? Pedalis bisa mengintip tulisan berikut yang diambil dari majalah Intisari.

Pengguna harus memakai akses member yang hanya diperuntukkan bagi warga London. Cukup mendaftar secara online lalu membeli access fee seharga £1 (sekitar Rp19.000) untuk pemakaian per hari, £5 per minggu atau £45 per tahun. Setiap member akan mendapat kunci elektronik untuk mengeluarkan sepeda dari parkiran.

Masukkan nomor PIN atau kunci elektronik pada panel tempat parkiran sepeda, tunggu beberapa saat hingga lampu hijau pada panel menyala, lalu tarik sepeda keluar. Silakan bersepeda menjelajah kota London sepuasnya, namun jangan sampai melebihi waktu access fee karena bisa kena denda.

Selain access fee, pengguna juga harus membayar usage fee sesuai jam pemakaian. Tapi cara ini bisa diakali, dengan memanfaatkan fasilitas bebas biaya pemakaian 30 menit pertama. Sebelum batas waktu gratis itu habis, ganti sepeda pada stasiun berikutnya, dan pemakaian dihitung dari nol menit kembali.

Namun, di lapangan praktiknya belum tentu mulus. Kerap terjadi stasiun penyimpanan penuh sehingga tidak tersedia parkiran, atau tidak ada sepeda pengganti karena banyak yang rusak. Walhasil, pengendara harus melanjutkan perjalanan untuk berganti sepeda di stasiun berikutnya.

Tips berganti sepeda juga dapat menekan biaya pemakaian. Pasalnya usage fee bertambah mahal seiring lamanya waktu pemakaian. Gambarannya, biaya pemakaian 30 menit kedua sebesar £1, pemakaian 30 menit berikutnya £4, tambahan 30 menit lagi £6, lalu melonjak hingga £10 untuk 30 menit selanjutnya.

Juga harus diingat, saat mengembalikan sepeda ke parkiran, tunggu sampai lampu merah pada panel menyala untuk meyakinkan sepeda telah terkunci. Guna menghindari risiko sepeda hilang, yang dendanya akan dibebankan pada tagihan Anda.

Yah, namanya juga sepeda berbagi. Jangan lama-lama memakainya. Cukup untuk menghemat tenaga daripada jalan kaki.

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments