Pedalku.com – Siapa tak kenal dengan Sheldon Brown? Pedalis pasti mampir ke situsnya untuk menambah wawasan soal persepedaan. Sheldon Brown memang dikenal sebagai mekanik sepeda andal, juga penulis beberapa artikel seputar sepeda. Tulisannya tersebar di media cetak atau daring (online). The Times dari London bahkan menggambarkan dia sebagai ensiklopedi soal sepeda.

Brown termasuk salah satu orang yang memopulerkan sepeda fixie selama bertahun-tahun sebelum sepeda itu menjadi mode di kalangan anak muda di New York dan San Fransisco, Amerika Serikat. Ia pun menganjurkan sepeda fixie digunakan sebagai sepeda di perkotaan.

Keseriusan dalam mendalami sepeda fixie bersama Galen Evans dan Osman Isvan melahirkan istilah “gain ratio”. Ini merupakan kombinasi dari chainring depan, cog di belakang, ukuran roda, dan panjang crank. Brown juga menyatakan pendapat pribadi dalam hal-hal yang masih menjadi kontroversi dalam perawatan sepeda seperti pembersihan dan pelumasan rantai.

Sheldon Christopher Brown, begitu nama lengkapnya. Lahir di Boston, AS, 14 Juli 1944. Saat usia sembilan tahun ayahnya meninggal akibat kecelakaan pesawat udara. Kemudian keluarganya pindah ke Marblehead, Massachusetts, AS. Dari sinilah karier di sepeda bertumbuh. Selama masa SMA, Brown membangun sepeda dengan bahan-bahannya mengambil dari tempat sampah dan menjualnya.

Tahun 1972 Brown berkarier sebagai pereparasi sepeda dan mendirikan Boston Bicycle Repair Collective. Sempat move on menjadi tukang servis kamera (dia menggemari dunia fotografi juga), Brown kembali menekuni dunia sepeda akhir 1980-an. Tak hanya memperbaiki, ia pun menulis soal persepedaan.

Tahun 1990 Brown bergabung ke Harris Cyclery, sebuah toko sepeda tak jauh dari rumahnya di Newtonville, daerah pinggiran Boston, sebagai mekanik. Aktivitasnya di dunia internet membuat ia menjadi kontributor soal persepedaan di sebuah newsgroup. Lima tahun kemudian, bosnya, Aaron Harris, meminta dia membuat situs yang berkaitan dengan toko. Awalnya hanya dikhususkan untuk menjual parts khusus, namun Brown kemudian mengembangkan jauh dari itu.

“Aaron membiarkan saya berkreasi sebebas-bebasnya,” kata Brown tahun 2001.

Situs yang beralamat dengan namanya itu, sheldonbrown.com, menjadi tak sekadar situs komersial. Juga bukan ringkasan seputar informasi teknis sepeda. Lebih dari itu, situs itu berbicara banyak hal. Bahkan kehidupan sebuah keluarga. Keluarga Brown.

Tahun 1979 Brown menikah dengan Harriet Fell, dosen di Norteastern University, Boston. Putri mereka lahir tahun 1981, menyusul adiknya lelaki tahun 1983. Tentu saja kebahagiaan sebagai seorang ayah terpancar pula dari situs Brown. Termasuk turing mereka di Prancis menggunakan dua sepeda tandem ketika anak-anak mereka berumur 6 dan 8 tahun.

Bulan Oktober 2003 Brown diberi penghargaan sebuah sertifikat atas sumbangsihnya dalam dunia persepedaan dari Cyclists’ Touring Club (CTC), Inggris. Kemudian tahun 2005 Brown menerima penghargaan Classic Rendezvous Vintage Bicycle Award. Sementara MassBike menganugerahi Brown dengan The Influence Pedaler Award tahun 2008.

Di akhir hidupnya, penyakit multiple sclerosis (penyakit yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang dan mengakibatkan hilangnya kendali otot, penglihatan, keseimbangan, dan kemampuan untuk merasakan) merampas kemampuan Brown untuk bersepeda roda dua. Namun ia melawan dan membangun sepeda roda tiga dan tetap menggowes ke tempat kerjanya sampai ajal menjemputnya.

Brown meninggal pada 3 Februari 2008 akibat serangan jantung. Situsnya kemudian dikelola oleh istrinya.

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments