Kompas Menggelar Jambore Sepeda di Rancaupas

0

Pedalku.com – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pemanasan Kompas Jelajah Sepeda tahun ini bukan gowes ala Minang Bike atau Bali Bike yang membutuhkan waktu dua tiga hari, namun berbentuk jambore. Sebenarnya kurang tepat istilah yang digunakan karena jambore mengacu ke kegiatan Pramuka. Namun karena kumpul-kumpul pesepeda ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Rancaupas dan bermalam di tenda, plus pesepeda sebenarnya dulu juga anggota Pramuka, ya sah-sah saja disebut Jambore (Pe)Sepeda. (Koreksi, yang kumpul kan penggowesnya, bukan sepedanya kan?)

Menurut sumber yang dipercaya, Kompas Jelajah Sepeda akan diselesaikan pada tahun ini karena bertepatan dengan 50 tahun Harian Kompas. Dengan tagline Merajut Nusantara, maka tahun ini mau tidak mau Kompas Jelajah Sepeda harus menyambangi Kalimantan dan Papua.

Menarik untuk mencermati jadwal Kompas Jelajah Sepeda tahun ini. Karena ulang tahun Kompas pada Juni, maka di sisa waktu yang tiga bulan itu akan ada dua Jelajah Sepeda. Apakah Jambore Sepeda Kompas kali ini juga memberikan tiket gratis untuk Kompas Jelajah Sepeda di dua pulau itu? Tak berbeda dengan kegiatan sebelumnya, Jambore Sepeda Kompas juga akan memilih beberapa peserta yang beruntung untuk mengikuti Jelajah Sepeda Banjarmasin – Balikpapan dan Jelajah Sepeda Papua.

Jika penasaran, ikut saja Jambore Sepeda Kompas yang akan diselenggarakan pada 28 Februari – 1 Maret 2015 di Bumi Perkemahan Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Start dari Kota Baru Parahyangan (KBP), Padalarang pada Sabtu 28 Februari 2015 pk. 07.30 dan berakhir di Buper Rancaupas yang berjarak 52 km.

Jangan melihat jaraknya yang pendek dan bergumam, “…. ah setengah hari juga sampai.” Mari kita lihat elevasi yang akan dilalui peserta. KBP berada di ketinggian 650 mdpl, sedangkan Rancaupas berada di ketinggian 1.796 mdpl. Jadi ada beda ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Pedalis bayangkan sendiri ya, yang jelas rutenya menarik, pemandangannya ciamik, dan ~ berkaca pada kegiatan sepeda oleh Harian Kompas ~ penyelenggaraannya pasti apik.

Akan ada banyak acara di Buper Rancaupas sebelum peserta menginap di tenda yang sudah disediakan panitia. Dengan ketinggian hampir 2.000 mdpl, kabut pasti akan mengurung para peserta. Jadi, siapkan baju hangat dan benda-benda hangat lainnya. Esok paginya peserta menggowes kembali ke KBP.

jambore sepeda kompas

Bagi peserta dari luar Bandung panitia menyediakan tempat parkir mobil di KBP yang diklaim aman karena dijaga petugas selama 24 jam. Jika membutuhkan tempat penginapan, KBP menyediakan Mason Pine Hotel. Penginapan di seputaran KBP pun banyak. KBP yang terletak tak jauh dari pintu tol Padalarang pun mudah dijangkau dari pusat kota.

Untuk segala pengalaman yang akan pedalis nikmati tadi, siapkan biaya  Rp 400.000 per orang. Dengan biaya itu pedalis akan memperoleh jersey yang berkualitas bagus, menginap di tenda di Rancaupas, empat kali makan, sekali sarapan, dan logistik selama perjalanan dari KBP – Rancaupas pp.

Pendaftaran via online melalui situs bike.kompas.com mulai tanggal 22 Januari 2015.

Ssstt … peserta terbatas lo!

 

Foto: bike.kompas.com

Share.

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar