Di Kalimantan Selatan, terutama di kabupaten Tanjung, sepeda gunung kembali menggeliat. Beberapa komunitas sepeda bermunculan. Sebut saja Adaro Bike Club (ABC), Komunitas Sepeda Tanjung (konstan) dan Brotherhood Goweser (broges).

Walau banyak komunitas, tetapi mereka biasa bermain sepeda bersama, seolah berasal dari satu komunitas. Kebun karet di belakang hotel Jelita, Tanjung menjadi salah satu tempat berkumpul favorit. Belasan hingga puluhan pedalis sering terlihat berkumpul di tempat itu pada Minggu pagi.

“Kira-kira 2 ton setiap bulannya part-part sepeda dikirim ke Kalsel,” ujar Husin, salah satu pentolan Broges. “Kami biasa memesan dari pelapak-pelapak di jawa melalui situs jual-beli sepeda,” tambahnya.

Cross country menjadi kesenangan pedalis asal Kalsel. Tak jarang, pedalis asal Bumi Borneo itu merambah trek-trek di Pulau Jawa juga. Trek Rindu Alam, Puncak, Bogor menjadi salah satu tujuan dan menjadi trek favorit mereka. Tak jarang setelah dari RA, mereka juga mencicipi JPG, trek legendaris di Serpong.

Bila pedalis penasaran dengan aksi pedalis Kalsel, tungguin saja di Cikole, Lembang, Jawa Barat pada tanggal 15 Mei 2015 ini. Mereka akan terlihat ajrut-ajrutan di Cikole.

Selamat menikmati keindahan Bumi Parahiyangan para pedalis Kalimantan Selatan.

Cak KRIS

Suka lari, sepeda, dan kegiatan luar ruang. Aktivitas ini sering dituangkan dalam tulisan, foto, video di sosial media, wesbite atau untuk kebutuhan cetak. Tujuan utamanya, hanya sebagai dokumentasi, agar terekam jejak digitalnya. Syukur-syukur bisa menjadi inspirasi atau malah bisa berbagi keberkahan. Salam Sehat.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments