Pedalku.com – Etape pertama Jelajah Sepeda Papua (JSP) diwarnai insiden kecil. Insiden itu terjadi hanya berjarak 22 km dari garis start.

Diah Kusumo Dewi, atau dikenal dengan panggilan Dewi dari komunitas sepeda BNI, terjatuh saat menghindari lubang. Royke Lumowa yang berada tepat di belakang tante Dewi pun tak kuasa untuk menghindar. Om Royke ikut terjatuh bersama dengan tante Dewi.

Tim medis JSP yang kembali dipercayakan pada dr. Ditto dan dr. Monica dengan sigap segera memberi pertolongan kepada tante Dewi. Walau mengalami lecet kecil, tetapi ternyata tante Dewi tak kuasa untuk melanjutkan perjalanan. Ia pun harus dievakuasi dan menunda sensasi menikmati Bumi Cendrawasih dari atas sepeda. Berbeda dengan tante Dewi, om Royke dapat melanjutkan kembali penjelajahannya dengan menggunakan sepeda.

Rupanya keindahan Bumi Cendrawasih tak ingin dilewatkan oleh tante Dewi dengan hanya menumpang mobil evakuasi. Selepas makan siang, tante Dewi berusaha untuk gowes kembali. Namun baru 1 kilometer, ia minta dievakuasi kembali. Tangannya masih terasa kaku untuk mengendalikan laju sepeda.

Rute etape pertama JSP dari Sarmi menuju Bonggo sejauh 129 km ini memang diwarnai jalan kapur yang berlubang. Tak hanya itu, 32 buah jembatan yang dilalui pun sebagian besar rusak.

Selalu waspada kawan-kawan JSP. Jaga jarak dan keselamatan!

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments