Pedalku.com – Kenapa harus Dahon speed P8? Pertanyaan tersebut selalu muncul ketika ada pedalis yang mencari sepeda lipat dengan merk terkenal yang kualitasnya bagus dan harga terjangkau.

Agak susah memilah merk bagus dengan harga terjangkau, apalagi menyesuaikan selera orang lain. Tidak pernah mendapat jawaban yang pasti ketika akan membeli sepeda lipat; merk apa yang cocok, tipe apa yang enak.

Salah satu merk sepeda lipat yang di kalangan commuter cukup terkenal adalah Dahon. Dahon banyak menelurkan berbagai tipe dan peruntukan. Salah satunya adalah speed P8, tipe yang sangat populer dikalangan pecinta sepeda lipat.

Speed P8 dipilih karena mudah untuk diupgrade. Dengan harga relatif terjangkau, lipatannya yang simpel serta kualitas part bagus menjadikan speed P8 diminati para pedalis. Frame speed P8 yang terbuat dari bahan chromoly ini cukup nyaman dan kuat untuk membawa beban lebih dari 20 kg.

Namun begitu, hati-hati buat yang gemar bike to work. Saat sering melibas polisi tidur serta naik-turun trotoar, engsel pada bagian lipatan frame harus sering dicek kerenggangan bautnya agar sambungan tetap presisi.

sp8_03

Jika ditanya sejauh mana orang bisa menggunakan sepeda lipat? Idealnya Sepeda lipat diciptakan untuk commuter, bukan untuk jarak jauh seperti halnya sepeda touring. Tetapi banyak pedalis yang mencoba perjalanan antar kota dengan sepeda lipat menggunakan speed P8. Sah-sah saja sih….. tapi buat pedalis dengan dengkul pas-pasan dan budget mepet, ada yang perlu diperhatikan agar speed P8 nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat speed P8 nyaman dibawa touring?

Pertama-tama adalah crank. Ukuran chainring aslinya yang besar harus diganti yang lebih kecil. Atau bila punya dana lebih, upgrade saja menjadi dual chainring dengan pilihan 52-39T. Bisa juga dengan pilihan yang lebih ringan, dual chainring 50-34 T. Shimano Sora atau Shimano Tiagra bisa menjadi pilihan. Untuk shifter dan front derailleur (FD) cukup menggunakan Shimano Altus.

Komponen lain yang perlu pedalis sediakan saat mengganti menjadi dual chainring adalah dudukan FD (FD Hanger). Pedalis bisa mencarinya di toko online. Namun, FD hanger ini harganya cukup mahal bila dibandingnya dengan harga shifter atau rear derailleur (RD). Untuk RD pedalis cukup menggunakan RD Neos bawaan speed P8.

Selain itu jika dirasa ban Schwalbe Big Apple terlalu lebar, pedalis bisa menggunakan ukuran ban yang lebih kecil. Ban dengan ukuran 20 x 1.75 rasanya cukup nyaman untuk diajak touring.

Speed P8 pedalis sudah siap? Yuk kita touring…..

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments