Jangan Ketinggalan Manglayang Trail Running !

0

pedalku.com – Bagi para pedalis, terutama urang Bandung, kawasan gunung Manglayang adalah salah satu trek paporit. Mereka yang menyukai trek variatif antara hutan, lembah, pemandangan indah serta medan yang lumayan ekstrem menjadi daya tarik kawasan ini. Setiap akhir pekan, para pesepeda biasanya menikmati berbagai trek sepeda yang tersedia banyak dari berbagai penjuru gunung yang  masih merupakan rangkaian Gunung Burangrang—Tangkuban Parahu serta Bukit Tunggul. Walaupun ketinggiannya hanya 1.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) gunung ini.

Sore atau pagi hari, pedalis yang menyukai tanjakan bisa mengayuh sepeda kesayangannya dari arah Cileunyi, Bandung Giri Gahana menuju kawasan Bumi Perkemahan Kiara Payung. Selain itu masih banyak jalur lainnya termasuk menunju pos pendakian gunung yang memiliki dua puncak ini, di Baru Beureum. Untuk mendaki Gunung Manglayang, para penggiat alam bebas bisa memulai beberapa jalur seperti Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda (Kab. Bandung), Palintang (Ujung Berung, Kab. Bandung), Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor. Kawasan ini telah menjadi daerah tujuan gowes bagi pedalis dari luar Bandung juga.

Namun para pedalis juga bisa menikmati trek turunan, hutan pinus serta lembah-lembah menarik dari arah Ujungberung, lalu naik melalui Desa Palintang. Yang kedua dari arah Lembang bisa melalui Maribaya, Desa Cibodas dan diteruskan ke perkebunan kina Bukit Tunggul. Maknyusss !!

Keindahan Gunung Manglayang itu menarik untuk dinikmati para pecinta lari trail. Untuk itulah Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Unpad (Universitas Padjadjaran) menyelenggarakan event Manglayang Trail Running (MTR) 2015 pada 22 Agustus mendatang. Event trail yang terbagi dalam kategori: 10K dan 21K yang menjadikan wilayah Gunung Manglayang Jatinangor dan sekitarnya sebagai lintasan. “Pendaftaran dibuka hingga 31 Juli 2015. Kuotanya terbatas, mending daftar dulu sebelum mudik daripada enggak kebagian slot,” kata Bayu Era Sarendra, salah seorang panitia. Panitia menyediakan berbagai doorprize menarik, termasuk tiga buah sport watch Garmin FR 620 dan FR 10 serta puluhan hadiah menarik lainnya. “Semua peserta punya kesempatan sama,” kata Bayu.

Mereka yang berminat ikut lari ini, silakan mendaftarkan diri secara online melalui situs http://manglayangtrailrunning.com . Atau melalui kontak panitia Muni: 085775673597, Rizki: 085624602560, Ami Saragih: 0811893151 atau email : [email protected]

About Author

Komentar Kamu

Skip to toolbar