pedalku.com – Sebagai sebuah kota tujuan wisata, Garut memiliki banyak objek wisata. Baik alam maupun budaya. Berkaitan dengan alam, Garut bisa dibilang menjadi surga pedalis. Jalur gowes di Garut, terutama yang lintas alam, sangat beragam. KGC Garut Mountain Bike memetakan 20 trek top di Garut.

Nah, bagi yang suka jalan raya, rute Santolo – Rancabuaya di wilayah Garut Selatan patut dicoba. Jaraknya sekitar 30-an km, didominasi rolling-rolling yang beberapa akan bikin ngap napas pedalis. Wajar saja sebab sepanjang jalur ini pedalis akan menemui banyak jembatan yang melintas sungai besar dan kecil.

Cuaca memang cenderung panas karena tidak adanya naungan pohon. Sekeliling padang ilalang, namun di sisi kiri ada pemandangan yang mempesona. Ya, laut selatan dengan beberapa pantai yang jika punya waktu silakan mampir.

Ketika melintas rute ini awal bulan Juli 2015, ada sedikit jalan rusak, sekitar 500 m dan berada di “lembah” sebuah rolling yang lumayan tinggi. Jadi pedalis harus hati-hati.

Untuk menuju Santolo, dari Kota Garut bisa sekalian menggowes dengan kontur yang menanjak dulu, turunan kemudian. Hati-hati karena beberapa jalan rusak dan berbelak-belok. Jaraknya lumayan, sekitar 80 km. Atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi dan menginap di Pantai Santolo Indah atau Pantai Sayang Heulang.

edited DSCN6871

edited DSCN6875

Kontributor Netfit.id

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai sports, lifestyle and happiness? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain.

Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments