Pedalku.com – Yashio memang bukan salah satu kota di Indonesia. Yashio hanya sebuah  kota kecil seluas 18,03 km² di distrik Saitama, Jepang. Namun karena berada di negara maju, infrastruktur di Yashio dipersiapkan dengan baik. Tak hanya untuk kendaraan bermotor, infrastruktur untuk bersepeda juga tersedia. Bersepeda di kota ini sangat nyaman. Ya, Jepang memang salah satu surga bagi pengayuh pedal.

Mari kita lihat stasiun Yashio. Stasiun yang dioperasikan pada tanggal 24 Agustus 2005 ini melayani Tsukuba Express, commuter line dengan kecepatan maksimum hingga 130 km/jam. Dengan Tsukuba Express, pergi ke Tokyo menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

Bila bepergian ke Tokyo atau tempat lain dari stasiun Yashio, pedalis tak perlu was-was dengan sepeda pedalis. Parkiran nyaman dan murah, tersedia cukup luas.

Parkiran sepeda di stasiun Yashio

Memanfaatkan lahan di bawah rel kereta, pedalis bisa memilih tempat sesuai kebutuhan. Parkir langganan bisa dipilih antara 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan. Hanya sekali-sekali bepergian dengan Trsukuba Express? Parkir harian tetap tersedia. Dengan koin 100 yen (±10870 rupiah) pedalis bisa menaruh sepeda di parkiran selama 24 jam. Sangat murah untuk ukuran negara maju.

Tarif parkir

Untuk memudahkan mencari sepeda di parkiran, tiket untuk sepeda yang parkir harian dibedakan dengan parkir langganan. Untuk parkir harian, sepeda pedalis akan dipasang tiket berwarna hijau.

Parkir harian, dipasangin tiket hijau

Parkiran sepeda yang nyaman dan murah ini sangat membantu penduduk Yashio yang tinggal agak jauh dari stasiun. Sehari-hari, parkiran sepeda di stasiun Yashio dipenuhi oleh sepeda.

Sumber: Kurogo dari Yashio, Saitama.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

2 comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments