Pedalku.com – Tidak banyak internal gear 3 percepatan dengan tipe dual drive yang dijual di Indonesia. Ada Sturmey Archer, SRAM dan Shimano Alfine yang di jual di Singapura.

Tertarik untuk mencoba dual drive, pedalku meminang Dahon MU P24 bekas dengan harga bersahabat. Dahon MU P24 itu menggunakan Sturmey Archer CS RF3.

Dari kode P24 itu diketahui bahwa Dahon MU P24 merupakan sepeda lipat yang menggunakan roda berukuran 20” dan memiliki 24 tingkat kecepatan. 3 kecepatan yang berada di internal gear serta 8 tingkat kecepatan dari cassette sprocket.

IMG_20141025_085602[1]

Pengujian pertama langsung dilakukan begitu Dahon MU P24 berpindah tangan. Semanggi-Pasar Minggu-Depok-Bintaro sejauh 65 kilometer menjadi rute awal ujicoba.

Dengan system dual drivenya, sepeda ini cukup bisa mengimbangi kecepatan empat pedalis yang menggunakan ban 26”. Kecepatan rata-rata yang ditempuh saat ujicoba adalah 28 kilometer per jam.

Bagaimana sepeda ‘kecil’ dengan single chainring ini dapat mengimbangi kecepatan sepeda-sepeda besar? Rahasianya terdapat pada system dual drivenya. 3 tingkat kecepatan internal gear itu berfungsi menggantikan crankset dengan 3 chainring berbeda. Jadi walau hanya menggunakan single chainring pada cranksetnya, oleh Sturmey Archer internal gearnya diset perbandingan giginya agar dapat menggantikan fungsi 3 chainring.

Sturmey Archer CS RF3 Specifications

Perpindahan internal gear pun dirasakan cukup halus tanpa suara sehingga dapat membantu manuver-manuver yang dilakukan. Hanya saja dari segi bobot, CS RF3 ini cukup berat. Internal gear ini beratnya sekitar 1090 gram tanpa cassette sprocket.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

1 comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments