Pedalku.com – Lebih dari setahun Dahon MU P24 menemaniku. Sepeda lipat yang menggunakan dual drive dari Sturmey Archer CS RF3 ini beberapa kali menerobos genangan air.

System dual drive pada Sturmey Archer CS RF3 ini menggunakan internal gear 3 kecepatan serta cassette sprocket 8 speed. Internal gear 3 speed berfungsi sebagai pengganti front derrailluer (FD) sehingga crankset hanya menggunakan single chainring.

Penasaran dengan Sturmey Archer yang mulai menunjukkan penurunan performa karena sering menerobos air, saya mencoba untuk membongkar CS RF3 ini di bengkel langganan.

Setelah dibongkar, terlihat beberapa komponen di system internal gearnya bermasalah. Per pelatuk dengan kawat yang tipis patah; grease mencair, sepertinya rembesan air masuk ke dalam internal gear. Dinding freewheel dan rumah ball bearing terlihat agak berkarat.

P_20160127_073636_LL_1-01

Setelah selesai diservice, Sturmey Archer CS RF3 cukup nyaman digunakan kembali. Sayangnya hal itu tidak bertahan lama. Dahon MU P24 pun harus opname di bengkel lagi. Kali ini ganti ball bearing yang sudah tidak bundar.

Tak berapa lama, Sturmey Archer CS RF3 mulai bermasalah kembali. Giliran shifter internal gear yang harus diganti karena sering macet. Kawat shifter sering selip keluar. Ini ketiga kalinya Sturmey Archer dibongkar.

Walau sudah 3 bengkel yang membantu menyembuhkan Sturmey Archer, penyakitnya tidak kunjung sembuh. Menurut Asep sang mekanik, body freewheel bermasalah sehingga membuat macet perpindahan gear dan memperlambat putaran roda.

Bangun, mekanik toko sepeda di Serpong berpendapat, “Kalau pasang komponennya tidak presisi kemungkinan air akan masuk dan body freewheel berkarat, setelah itu bakal sering macet.” Bangun pun menunjukan internal gear milik clientnya yang juga bermasalah karena salah penanganan.

Akhirnya sesuai saran beberapa mekanik, Sturmey Archer CS RF3 terpaksa dipensiunkan. Sang Dahon MU P24 akhirnya memilih untuk menggunakan freehub tanpa internal gear dengan pertimbangan lebih ekonomis dibanding mengganti dengan dual drive lainnya.

Dahon MU P24

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

1 comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments