Pedalku.com – Pedalis masih ingat dengan sepeda BMX? Ya, sepeda yang booming di Indonesia pada tahun 1980an itu masih tetap eksis di tengah popularitas sepeda gunung maupun road bike.

Salah satu sebab tetap populernya jenis sepeda ini karena menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan pada pesta olahraga dunia, Olimpiade Beijing, Tiongkok pada tahun 2008. Dan sampai Olimpiade London tahun 2012, cabang ini tetap dipertandingkan. BMX juga menjadi salah satu olahraga favorit pada ajang kompetisi tahunan olahraga ekstrim yang dikenal dengan X-Games.

BMX sendiri merupakan singkatan dari Bicycle Motocross. Sepeda ini merupakan sepeda offroad yang digunakan untuk balapan dan juga stunt riding atau dikenal dengan nama freestyle.

BMX pertama kali dikenal pada awal tahun 1970an. Saat itu anak-anak di California Selatan, Amerika Serikat adu balap dengan sepeda yang mereka miliki di arena dirt track. Aktivitas yang menyenangkan itu ternyata menginspirasi jagoan-jagoan motocross yang biasa berpacu di arena dirt track dengan motor mereka.

Sebelum ada sepeda khusus yang diproduksi sesuai karakter BMX, Schwinn Stingray menjadi pilihan untuk digunakan bermain di arena dirt track. Pemilihan Schwinn Stingray itu karena mudah dimodifikasi agar nyaman digunakan untuk berpacu di arena dirt track. BMX pun menjadi fenomena tersendiri di Amerika pada pertengahan 1970an.

Tak hanya diperuntukkan untuk berpacu di arena dirt track, sepeda ini juga mudah digunakan untuk mengasah trik-trik di atas sepeda. Istilah yang akhirnya dikenal dengan nama freestyle.

Dari freestyle ini, Bob Haro (pendiri Haro Bikes) dijuluki sebagai bapak freestyle karena trick-tricknya yang inovatif di awal-awal tahun freestyle diperkenalkan. Freestyle saat ini pun berkembang menjadi berbagai aliran. Dirt, Vert, Park, Street dan Flatland merupakan aliran-aliran Freestyle yang saat ini dikenal.

Kemudahan jenis sepeda ini yang dapat digunakan untuk mengasah trik di atas sepeda seringkali menjadi dasar kemampuan pedalis papan atas di arena mountain bike terutama downhill. Jared Graves dan Aaron Gwin merupakan contoh pedalis kelas elit dunia yang mengasah skillnya dengan BMX.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments