Pedalku.com – Keindahan alam Indonesia tak perlu diragukan. Deretan pegunungan dan hamparan laut di negara kepulauan Indonesia sungguh sangat eksotis. Keindahan alam dan budaya yang beraneka ragam itu menjadi salah satu daya Tarik Indonesia. Salah satu keindahan alam Indonesia adalah gunung Bromo.

Bromo merupakan gunung berapi aktif yang menjadi tujuan wisata. Dengan puncak tertinggi berada di 2.392 mdpl (meter diatas permukaan laut), dan memiliki  lembah serta kaldera lautan pasir seluas 5.300 hektar, menjadikannya salah satu lokasi berpetualang yang menarik bagi pedalis lokal maupun internasional. Salah satu pedalis yang terpikat dengan keindahan gunung Bromo adalah Kurt Sorge, freerider asal Kanada yang baru-baru ini menjadi juara Red Bull Rampage 2015.

Kurt Sorge, pro-rider Polygon, menggunakan Collosus N9 untuk berpetualang menikmati keindahan Indonesia. Polygon Collosus N9 merupakan sepeda untuk all mountain atau enduro. Selama tiga hari, Kurt Sorge menjelajah trek-trek  menantang di gunung Bromo yang pada saat itu sedang mengalami erupsi.

Dengan kondisi gunung Bromo yang sedang batuk, faktor keamanan menjadi hal penting. Suara gemuruh diikuti semburan asap bercampur debu yang mengepul dari kawah mengiringi perjalanan. Kurt Sorge pun harus mengambil jarak dalam radius aman.

Petualangan Kurt Sorge dimulai dari desa Ngadiwana, kemudian menanjak ke kawasan bukit, menyusuri trek berkelok-kelok yang terjal dengan turunan curam. Tak hanya bersepeda menyusur trek ekstrim, Kurt Sorge juga berkemah  untuk melepas lelah sembari menikmati langit di malam hari.

Jalur yang dilalui kebanyakan berupa single-track, menyusuri punggung gunung. Single track di punggung gunung tentu membuat adrenalin terpacu ketika melibasnya. “Pengalaman sekali seumur hidup yang luar biasa dan perjalanan di Indonesia dengan gunung Bromo-nya tidak akan terlupakan,” tegas Kurt Sorge.

Gunung Bromo sangat disukai pesepeda dengan latar belakang genre berbeda. Penggemar Road-Bike dapat menikmati keindahan melalui jalur aspal menuju puncak. Pedalis bisa berangkat dari Malang atau Probolinggo.

Bagi pedalis penggemar Cross-Country, hamparan pasir & padang rumput di sekitar kaldera menjadi trek wajib. Sedangkan bagi pedalis penggemar All-Mountain, jalur berbukit melewati hutan hingga menyusur ke permukiman penduduk di kaki gunung tentu menjadi trek yang dapat memacu adrenalin.

“Gunung Bromo tempat yang sangat eksotis dan layak menjadi destinasi bersepeda. Kurt Sorge punya cara sendiri untuk menikmatinya yaitu dengan bersepeda & berkemah. Mungkin hal itu bisa menginspirasi para penggemar sepeda yang lain untuk datang ke Bromo sehingga menjadi objek wisata yang akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, ” tegas Fendi Widiatmoko selaku Head of Marketing Communications Polygon Bikes Indonesia.

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

1 comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments