Pedalku.com – Merek Xiaomi tak hanya disematkan ke ponsel atau powerbank. Tapi juga drone dan sepeda lipat! Berhubung yang bikin adalah perusahaan telepon pintar, maka sepeda lipat yang dibikin ini juga berembel-embel pintar. Smart!

Oleh Xiaomi, produk ini diberi nama QiCycle. Rangka sepeda terbuat dari alumunium dengan total bobot sekitar 14,5 kg. Lumayan untuk ditenteng-tenteng manakala digunakan sebagai moda penyambung mobilitas. Dari kereta api atau mobil pribadi.

Yang patut diperhatikan dari sepeda lipat ini adalah motor listrik berkekuatan 36 V dan 250 W yang digendongnya. Hmmm … jika tanpa listrik saja seli kadang diplesetkan sebagai sepeda licik karena kepraktisannya untuk dibawa di angkutan umum manakala capai gowes, apalagi dilengkapi dengan motor listrik. Pedalis bisa prei mengayuh pedal dong.

sepeda lipat xiaomi-QiCYCLE-2

Apalagi ini nih! Ada 20 baterai Panasonic yang masing-masing berkapasitas 2.900 mAh. Baterai tersebut juga digunakan Tesla pada mobil elektriknya. Hanya saja Xiaomi mengolaborasikan dengan teknologi Battery Management System (BMS) yang membantu sepeda ini melaju hingga 45 km hanya dengan sekali ngecas.

Untuk sistem penggeraknya, selilis (sepeda lipat listrik) ini menggunakan internal gear Shimano Nexus 3-speed. Tak perlu protes kok cuma 3 speed kan? Soalnya sudah ada listrik tadi. Sisi kepintarannya ditandai dengan teknologi IDbike Torque Measurement Method (TMM) untuk memantau kecepatan, jarak, GPS, hingga kalori yang telah dibakar. Semua data tersebut dapat disinkronisasikan dengan ponsel pintar lewat koneksi Bluetooth.

Ada layar monitor kecil di setang yang menampilkan beberapa parameter seperti waktu, kecepatan, jarak, serta mode (“Fitness,” Power-saving,” “Balanced”, dan “Extra power”). Terlihat smart kan adanya layar ini. Oya, untuk menambah keamanan, sudah ada lampu depan dan lampu rem di belakang.

sepeda lipat xiaomi-QiCYCLE-console

Perangkat ini telah mengantongi seritifkat vechicle dynamics and system dari Eropa. Alhasil, keamanan dan kehandalan sepeda pintar ini diklaim lebih terjamin. Dengan segala fitur dan keunggulannya tadi, QiCyle dihargai 2.999 yuan atau sekitar Rp6 juta. Xiaomi akan menawarkannya lewat sistem crowdfunding di Cina. Belum ada informasi apakah sepeda ini bakal diboyong ke pasar global. Simak saja di lapak-lapak daring di Indonesia.

GuSSur

Menghidupi setiap gerak dan mensyukuri setiap jejak.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments