Thrill Ricochet 1.0: Stabil dan Lincah Bermanuver

1

Pedalku.com – Di jajaran sepeda terbaru kepunyaan Thrill, ada satu yang menarik perhatian pedalku.com. Sepeda itu Thrill Ricochet 1.0, sepeda cross country (XC) full suspension dengan ban berukuran 27,5” atau 650b.

Dengan rear shock X-Fusion dan shock Rockshox XC30 travel 120mm, Thrill Ricochet 1.0 terlihat serius membidik pedalis yang menyukai fulsus. Ditambah rear derailleur (RD) dan sprocket Shimano XT serta shifter juga mengggunakan Shimano XT, rekan pedalis pun serius memperhatikan setiap detil sepeda ini.

Untuk menyiasati agar lebih masuk ke konsumen, Thrill cukup cerdik dengan mengkombinasikan komponen yang digunakan tanpa mengurangi faktor kenyamanan. RD, sprocket dan shifter dari XT dikombinasikan dengan crankset dan FD Shimano Deore.

IMG_20160617_130756

Untuk menghentikan laju sepeda, dipilih rem cakram hidrolik Shimano seri 4 (setara dengan seri Alivio). Idan Ipun menggunakan seri Alivio, sementara ban dipercayakan pada Maxxis Aspen berukuran 27,5”x2.10.

Sayangnya Thrill Ricochet 1.0 masih menggunakan travel pendek pada rear shocknya. Eye to eye (e2e) untuk rear shock masih menggunakan 16,5”, terbilang pendek untuk sepeda XC keluaran terbaru yang kebanyakan sudah menggunakan e2e 19”.

Kesan pertama yang positif saat melihat sepeda ini tentu tidak lengkap tanpa test ride. Dengan peruntukan sebagai sepeda XC, Thrill Ricochet 1.0 pertama kali diuji coba di trek beraspal mulus.

Di jalan mulus, gejala bobbing tak terasa berkat system FTI (Full Travel Innovation) dan rear shock X-Fusion. Bila dipelototin lebih detil saat digowes, suspensi belakang bergerak sedikit menyesuaikan hentakan tubuh tetapi tetap stabil dan tak membuat lelah. Menghantam polisi tidur dengan kecepatan tinggi pun tetap nyaman dan stabil. Salah satunya andil dari ban berdiameter 27,5” yang memang lebih unggul dibandingkan ban 26” saat menghantam rintangan seperti akar pohon dan bebatuan.

Uji coba di trek offroad, kembali sepeda ini terasa stabil. Manuver cepat di tikungan juga terasa mantap. Keunggulan system suspensinya membuat mudah bermanuver, tak perlu khawatir kehilangan cengkeraman ban. Trek keriting bisa dilewati dengan mudah. “Naik Ricochet berasa kaya naik Spez Epic,” ujar rekan pedalis yang ikut melakukan uji coba.

Ya, Thrill Ricochet 1.0 ini memang didesign untuk mengakomodir pedalis yang suka bermain dengan kecepatan tinggi di trek XC. Pada framenya tertera ‘competition ready.’

IMG_20160629_062951

Spesifikasi yang cukup menarik ditambah hasil ujicoba di trek XC membuat Thrill Ricochet 1.0 ini menjadi pilihan menarik. Apalagi harganya yang berada di kisaran 12,5 juta dengan spesifikasi seperti itu membuatnya cukup kompetitif bila dibandingkan kompetitornya.

Share.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

1 Comment

  1. kl fulsus rico 1.0 ini apa benar2 stabil kl dipakai di jalan aspal, maksudnya ga berat gt?? kan katanya kalau fulsus itu berat kalau dipakai di jalan aspal,

    saya masih sangat bingung dengan definisi berat yang dibilang orang2 seberat apa soalnya hehehe.

    saya minat sh terlebih dengan modelny cm memang mngkin ga setiap hari juga dipakai XC, paling lebih sering di jalan aspal gt.

    Makasih2

Komentar Kamu

Skip to toolbar