Pedalku.com – Setelah booming sepeda sekitar sepuluh tahun lalu dan meningkatnya penggemar olahraga lari beberapa tahun belakangan ini, tampaknya penggemar olahraga Indonesia mulai bergerak ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Triathlon semakin berkembang dan mulai diminati di kalangan masyarakat Indonesia.

Triathlon sendiri merupakan cabang olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga sekaligus, yaitu renang, sepeda, dan lari. Di negara-negara maju seperti Amerika, Australia, Eropa dan Kanada, triathlon termasuk salah satu olahraga yang digemari. Ketahanan fisik yang prima serta mental yang tangguh menjadi simbol kekuatan para Triathlete, sebutan untuk atlet Triathlon.

Trend triathlon yang semakin meningkat inilah yang mendorong kota Pariaman, Sumatera Barat  tertarik untuk menyelenggarakan event “Pariaman International Triathlon”. Pariaman International Triathlon mengajak para triathlete untuk menikmati keindahan Pantai Cermin.

Memang event ini selain untuk meningkatkan prestasi triathlete Indonesia, juga sebagai salah satu upaya pemerintah daerah Sumatera Barat untuk memperkenalkan kota Pariaman sebagai salah satu tujuan wisata. Upaya pemda Sumatera Barat mengemas sport tourism ini mendapat dukungan penuh dari salah satu brand sepeda Indonesia, Polygon.

“Polygon menjadi salah satu yang akan terus mensupport kegiatan olahraga yang bertajuk ‘sport tourism’ termasuk event Triathlon yang diadakan di Pariaman ini, karena tidak hanya sekedar olahraga melainkan juga turut memperkenalkan daya tarik dari kota Pariaman untuk meningkatkan jumlah wisatawan,” tegas Indra Ghrawita selaku National Head Promotion Polygon Bikes Indonesia.

14915693_10211314228835160_9096250403927492591_n

Pariaman International Triathlon kedua yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 November 2016, sukses menarik animo traithlete lokal maupun internasional. 250 peserta dari 14 negara (Jerman, New Zealand, Italia, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Belanda, Aljazair, Inggris, Malaysia, Singapura, Taiwan, Austria, dan Indonesia) ikut berpartisipasi dalam kemeriahan event ini.

Pariaman International Triathlon 2016 terbagi dalam beberapa kategori, yaitu:

  • Standard Distance: berenang sejauh 1,5K kemudian bersepeda 40km dan diakhiri dengan berlari 10km.
  • Sprint Distance: berenang 750m, bersepeda 20km dan berlari 5km.
  • Duathlon: Lari 5km, bersepeda 20km dan lari 2,5km.

Podium Pariaman Triathlon 2016

Jozlyn

Work hard, bike harder.

By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments