Tips Antipegal Setelah Ikut Lomba Lari

0

pedalku.com – Banyak pelari yang menggenjot saat latihan menjelang lomba, tapi lupa pemulihan. Alhasil, di hari H pascalomba tidak mengalami masalah. Namun dua-tiga hari kemudian baru merasakan akibat kurang memperhatikan pasca-lomba. Atau sudah melakukan pemulihan namun secara pasif. Hanya istirahat saja. Namun tetap saja badan pegal setelahnya.

Nah, sebuah penelitian membuktikan bahwa justru kita harus melakukan pemulihan aktif agar pegal-pegal di badan tidak menyapa kita. Pemulihan secara aktif akan membuat pengangkutan asam laktat sisa metabolisme energi meningkat. Apa artinya? Lebih sedikit asam laktat, artinya lebih tidak pegal.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, ini tips pemulihan aktif yang disadur dari runner.id..

  1. Dilakukan pada kelompok otot yang sama.
    Pemulihan secara aktif baru akan memiliki manfaat bila dilakukan pada kelompok otot yang sama dengan kelompok otot mengalami kelelahan atau kelompok otot utama yang bekerja setelah latihan fisik berat. Misalnya setelah Anda melakukan maraton, pemulihan aktif yang disarankan adalah joging ringan yang sama-sama menggunakan kelompok otot kaki.
  2. Intensitasnya rendah.
    Atur intensitas latihan selama pemulihan secara aktif sedemikian rupa agar tidak melebihi tingkat kebutuhan oksigen untuk sintesis ulang energi metabolisme. Sederhananya, intensitas dijaga serendah mungkin sehingga walaupun tubuh bergerak/berlatih, energi metabolisme dapat kembali ke kondisi awal.
  3. Jangan terlalu lama!
    Waktu yang ideal untuk melakukan pemulihan secara aktif adalah 20 menit. Hal ini didasarkan pada hasil pemeriksaan rekam listrik otot yang akan kembali ke kondisi awal setelah 20 menit melakukan prosedur pemulihan.

Jika dibandingkan antara melakukan pemulihan secara aktif dan pasif, berbagai penelitian menyimpulkan bahwa pemulihan secara aktif akan memberikan hasil yang lebih baik. Namun kombinasi antara keduanya akan memberikan manfaat yang lebih baik lagi.

Share.

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar