Pedalku.com – Jamselinas, Jambore Sepeda Lipat Nasional baru akan digelar, September mendatang di Kota Lumpia, Semarang. Namun gaung gelaran akbar penggowes sepeda lipat ini sudah mulai terasa. Bukan hanya soal  pendaftaran, tetapi juga persiapan dari para peserta, khususnya komunitas sepeda lipat daerah yang bakal ikut meramaikan.

Salah satu komunitas yang sudah siap berpartisipasi di Jamselinas adalah SLIM, Komunitas Sepeda Lipat Makassar. Nah, sebagai persiapan, Sabtu lalu mereka menggelar gowes dari Makassar menuju Pare Pare.

Rute gowes akbar yang diikuti sekitar 40 anggota SLIM ini menyusuri pantai bagian Barat dengan jarak sekitar 150 km.

Ya, sebuah touring yang cukup berat, apalagi menggunakan sepeda lipat. Terlebih rute yang menyusuri pantai, selain harus melawan angin juga terik yang menyengat.

Toh namanya gowes ramai-ramai, meski kayuhan makin siang makin terasa berat tetap saja gowes ini terasa nikmat. Apalagi di beberapa spot rombongan ini berhenti untuk foto-foto yang seperti biasa langsung diunggah di sosial media. Seperti saat mereka tiba di perbatasan Kabupaten Barru, buru-buru mereka selfie dan foto keluarga di salah satu ikon kota tersebut.

Rombongan yang dikomandani Ketua SLIM, Yuli Priyono ini berkumpul pukul 06.00 WITA di Hotel Amaris Pettarani, Makassar. Setelah semua peserta hadir  bendera start dikibarkan pukul 07.00 WITA. Dari titik start rombongan seli ini menuju Maros dan mampir sejenak di Mesjid Raya Maros. Foto-foto? Wajib!

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pangkep untuk istirahat siang. Setelah isoma, mereka lalu menuju Kabupaten Barru dan akhirnya berakhir di Kota Pare-Pare.

Titik finish rombongan gowes “antar kota dalam propinsi” di Hotel Grand Star, Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Seperti biasanya, habis gowes, rombongan ini lanjut dengan kuliner dan mengekplorasi wisata dan budaya kota kelahiran BJ Habibie ini.

Peserta Gowes Makassar – Pare-Pare ini berasal dari beragam profesi, mulai dari GM Santika Makassar hingga Kepala Rutan. Mereka semua disatukan dalam satu hobi, yakni bersepeda dengan seli. Di rombongan ini juga terselip seorang “Srikandi” seli.

Sebenarnya, acara ini adalah agenda gowes rutin komunitas SLIM. Hanya saja, lantaran waktunya mendekati Jamselinas, gowes ini sekaligus sebagai ajang persiapan Jamselinas.

Bagaimana persiapan komunitas seli di daerah lain?

Ingin komunitas kamu diliput pedalku? Silakan hubungi kami melalui email [email protected]

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments