Persiapan Dasar Bagi Pemula yang Ingin Bersepeda Gunung 

0

Pedalku.com – Ada cerita seorang sahabat yang hingga hari ini kapok bersepeda gunung. Di akhir pekan ia pun memilih bersepeda di jalan raya dan mengantung MTB-nya yang dirakit dengan part yang premium.

Semua itu gara-gara kecelakaan kecil saat ia dan temen-temannya bersepeda di kawasan Puncak. Saat trek menurun, ban depannya terantuk bongkahan batu. Laju sepeda pun oleng dan tubuh sang sahabat itu terpelanting.

Sebenarnya tak ada luka, namun kejadian itu membuatnya trauma. Apalagi saat itu berada di posisi paling belakang dan mau enggak mau ia harus “bangkit” sendiri, menyusul teman-temannya yang rupanya sudah menunggu di depan.

Bersepeda di track off road memang beda dengan bersepeda di jalan raya. Ada beberapa hal yang harus disiapkan bagi pemula sebelum memulai bersepeda yang kerap menguji andrenalin kita.

Berikut ini tips dari Chris Norton, pemilik bengkel sepeda  MTB di Stellenbosch, kota yang berada  50 km dari Cape Town, Afrika Selatan. Selain sepeda yang harus siap diajak off road, ada beberapa hal yang harus Anda disiapkan.

1. Toolkit 

Tak ada bengkel di track off road. Anda harus jadi mekanik sendiri. Itu perlunya menyiapkan sendiri segala toolkit dan part cadangan yang harus dibawa.

Bila kurang paham apa yang sebaiknya dibawa, konsultasikan dengan mekanik sepeda apa saja peralatan dan part cadangan yang sebaiknya dibawa.

2. Tahu Cara Menggunakannya

Pastikan juga Anda bisa menggunakan peralatan tersebut. Karena banyak kasus, peralatan yang dibawa sih komplit, tapi giliran terjadi masalah, tak bisa menggunakannya atau salah menggunakan.

Nah sebelum membeli toolkit sebaiknya tanyakan dulu bagaimana memakai peralatan tersebut. Bila kurang yakin, tanya ke teman yang sudah ahli atau pelajari sendiri lewat tutorial di internet.

3. Teknis Bersepeda

Trek di medan off road itu beragam. Itulah perlu belatih teknis agar sukses melalui beragam rintangan. Belajar di sini tak harus secara teknis, tetapi bisa belajar dengan mencoba medan yang ringan. Setelah sukses baru ditingkatkan ke trek yang lebih sulit.

4. Nutrisi 

Banyak energi yang dikeluarkan ketika kita bersepeda off road. Itu perlunya sebelum berangkat siapkan nutrisi di tas hydrobag sebagai jaga-jaga. Selain tentu air putih dan minuman lain.

5. Latihan

Kerap terjadi pedalis mengalami kram saat off road. Ini terjadi karena otot tiba-tiba harus bekerja keras. Nah, sebelum off road lakukan latihan agar otot-otot kaki terbiasa kerja keras. Lari jarak jauh bisa jadi pilihan.

6. Pelajari Etika

Jalur off road itu biasanya single track. Nah, bila ada orang yang minta jalan, berhenti atau minggirlah. Biasanya dari belakang mereka akan teriak “trek…trek…trek…”

Nah sudah siap menaikkan andrenalin di track off road?

Share.

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar