Pedalku.com – Kebiasaan Presiden Joko Widodo melontarkan kuis berhadiah sepeda setiap kali berkunjung ke daerah memunculkan ide Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Ide tersebut berupa tawaran kerja sama antara daerah yang dipimpinnya dengan pemerintah pusat.

Pihaknya akan menawarkan pengadaan sepeda yang nanti akan dibagi-bagikan Jokowi. Sepeda itu, kata Heroe akan dibuat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Cor Logam Kota Yogyakarta. Sepeda ini diklaim kualitasnya tidak kalah dengan sepeda produk pabrikan.

Jaminan kualitas itu dibuktikan dengan teknologi yang dipakai di UPT Cor Logam Yogyakarta. Saat ini pihaknya sudah mengguanakan mesin yang bisa menghasilkan sepeda berbahan alloy, sepeda  berbahan besi campuran aluminium.

“Teknologi yang kami pakai sudah setara dengan teknologi-teknologi yang dipakai pabrik besar di Cikarang, Jawa Barat,” tambah Heroe yang sangat optimis presiden Jokowi menyambut baik tawarannya ini.

Teknologi yang sudah dipakai di UPT Cor Logam Jogjakarta adalah mesin computer numerical control (CNC). Mesin ini mampu membuat beragam cetakan sesuai kebutuhan dengan hasil yang sangat presisi.

Tak hanya itu, menurut Kepala UPT Cor Logam Kota Yogyakarta M. Agus Maryanto dalam waktu dekat pihaknya akan mendapat dukungan mesin yang punya teknologi yang lebih modern dan canggih.

Mesin yang akan datang di akhir Agustus ini mampu melipatgandakan produksi. Kapasitas mesin ini mampu memproduksi 3000 unit per hari.

Alat ini, lanjut Agus, untuk mengantisipasi jika kelak pihaknya kebanjiran pesanan. “Jadi kami bisa menyelesaikan pesanan tepat waktu,” jelas Agus. Saat ini pihaknya sudah membuat beragam produk seperti peralatan makan, otomotif, suku cadang kendaraan dan lain-lain. Semua produk keluaran UPT Cor Logam Yogyakarta sudah mengantongi standar Nasional.

Ditunggu ya Pak, sepeda alloy kreasi Jogja!

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments