Siapkan Tools Penting Menghindari Bete Saat Ajrutan

0

Pedalku.com – Pedalis sedang bersiap untuk ajrutan di trek offroad? Selain sepeda yang sehat dan tentu tubuh yang fit, tools pendukung menjadi hal yang perlu disiapkan. Di trek offroad, apalagi yang berada di pegunungan atau perkebunan, bengkel sepeda atau tukang tambal ban tentu berada jauh dari jangkauan. Mau manggil ojek online juga pasti tidak ada.

Tools apa yang perlu dibawa untuk ajrutan?

Berikut pedalku.com merangkumnya sebagai panduan tools yang perlu disiapkan.

  1. Ban dalam cadangan. Sesuaikan ukuran ban dalam cadangan dengan ukuran ban luar. Jangan sampai salah bawa ban cadangan ya pedalis.
  2. Tire patch atau penambal ban. Di daftar paling atas sih pedalis sudah bawa ban cadangan, tapi kalau lagi apes, ban dalam pedalis bisa bocor beberapa kali!
  3. Pompa kecil. Perhatikan juga kepala pompa apakah sesuai dengan pentil pada ban dalam pedalis, pentil besar atau pentil kecil (presta). Apabila ban dalam menggunakan pentil presta, pedalis bisa juga menyiapkan adapter pentil.
  4. Tire lever atau pembuka ban. Walau kadang membuka ban luar bisa tidak menggunakan tire lever, sebaiknya pedalis tetap menyiapkan tool ini.
  5. Allen keys (kunci L/ allen) berbagai ukuran. Kunci allen ini digunakan untuk berjaga-jaga bila ada baut yang longgar. Berguna juga untuk melakukan penyetelan sepeda seperti meluruskan stem yang miring atau mengatur kemiringan sadel.
  6. Pemotong rantai. Tool ini memang biasanya jarang digunakan tetapi sebaiknya tetap disiapkan. Akan berguna saat rear end atau anting RD (rear derailleur) bengkok atau patah karena terantuk batu misalnya. Pedalis tak ingin menuntun sepeda sampai akhir trek kan? Nah, lebih baik anting dan RD dilepas dan MTB pedalis diubah menjadi single speed untuk sementara. Lumayan kan masih bisa digowes timik-timik daripada dituntun.
  7. Cable ties. Benda ini digunakan untuk mengikat sesuatu. Akan berguna apabila ada part sepeda yang hilang bautnya saat ajrutan. Daripada dibiarkan tanpa ikatan dan longgar, pedalis bisa menggunakan cable ties untuk mengikatnya. Ukurannya kecil dan enteng kok, jadi tak ada salahnya masuk ke dalam daftar benda yang perlu disiapkan.

Supaya ringkas membawanya, pedalis bisa memilih toolkit yang terdiri dari beberapa kunci allen, tire lever dan pemotong rantai. Ada beberapa merk toolkit yang lengkap dan berukuran compact sehingga mudah dibawa-bawa.

Siap untuk ajrutan yang gak bikin bete?

Share.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu

Skip to toolbar