Pedalku.com – Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyarankan para pelajar di Solo untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah. Rudy, begitu ia disapa juga menyarankan kepada para orang tua untuk tidak membiarkan anaknya yang masih di bawah umur 17 tahun mengendarai kendaraan bermotor.

Ajakan dan saran Rudy ini terkait dengan predikat kota Solo yang menyabet penghargaan sebagai Kota Layak Anak dengan Predikat utama.

Bahkan Rudy menilai bila ada anak yang di bawah 17 tahun ke sekolah naik motor itu menandakan orang tua anak tersebut belum paham aturan.

Rudy sangat prihatin atas kejadian beberapa hari lalu di mana seorang anak SD mengendarai motor dan menabrak mobil di jalan raya. .

“Mereka ngebut dan tak bisa mengendalikan diri. Akhirnya motornya menabrak mobil dan akibatnya kaki mereka patah.”

Secara emosi, anak-anak di bawah umur, Lanjur Rudy belum stabil. Makanya ia menilai, anak-anak di bawah umur yang dibiarkan naik motor bukan hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi juga pemakai jalan lainnya.

Terkait dengan itu, Rudy akan melakukan pemeriksaan di tiap sekolah secara acak tiap Senin dan Jumat. Bila pihaknya menemukan anak di bawah umur naik motor ke sekolah, maka pengelola sekolah akan kena sanksi.

Untuk anak-anak di bawah 17 tahun, Pak Walikota ini menyarankan untuk naik sepeda ke sekolah. Dengan bersepeda ke sekolah, selain sehat juga bebas macet serta mengurasi polusi udara.

Ayoo.. ambil sepedamu dan gowes ke sekolah!

 

Foto: dok. Kompasiana.com

Cak Kris

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments