Kala Musim Hujan Tiba, Inilah Tips Membersihkan Sepeda yang Benar

0

pedalku.com – Musim hujan sudah tiba. Bagi yang rajin bersepeda ke kantor, tentu ada masalah lain ketika ber-b2w ini. Ya, sepeda menjadi kotor karena pas berangkat atau pulang tak jarang pedalis menerabas hujan atau melintasi jalanan yang tergenang setelah didera hujan sepanjang siang menjelang sore.

Membersihkan kotoran itu sepulang kerja tentu membutuhkan waktu yang tak sedikit. Sementara kita perlu istirahat untuk kembali kerja esok harinya.

Nah, solusi mudahnya, sepulang kerja guyur saja sepeda pedalis dengan air mengalir dari kran lalu dilap. Untuk membersihkan total, ambil hari Sabtu atau Minggu ketika waktu longgar. Jika hanya punya satu sepeda, bisa jadi hari Sabtu pagi dipakai untuk main tanah dulu. Siang atau sorenya baru dibersihkan secara total.

Untuk membersihkkan sepeda kesayangan, berikut beberapa langkah mencuci sepeda dengan baik dan benar yang dilansir situs B2W Indonesia.

1. Lepas semua aksesoris

Di antara aksesoris ini tentu bersembunyi kotoran yang terciprat saat kita melaju. Jadi lepaskan semua aksesoris yang berada di handle bar (stang), seperti bel, lampu, dan cyclometer. Jika masih menggunakan V brakes lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers.

2. Balikkan sepeda

Setelah semua aksesori dilepas – begitu juga dengan kabel penghubung V-brakes, balikkan sepeda. Agar sadel dan setang tidak lecet, landasi dengan permukaan empuk, misal matras atau koran.

Cara mudah dan benar membalik sepeda adalah seperti ini. Pedalis berdiri di samping sepeda, kemudian peganglah bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat pos(dudukan sadel). Selanjutnya, putar secara perlahan hingga sepeda terbalik (kedua roda berada di atas).

Setelah terbalik sempurna, lepaskan kedua roda.

3. Bersikan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear derailleur).

Pertama bersihkan rear derailleur (RD) menggunakan sikat yang sudah dicelupkan ke air sabun. Setelah bersih, pindah ke rantai. Kali ini gunakan lap kain yang lembut. Sama juga, basahi lap tersebut dengan air sabun, putar rantai dengan memutar pedal ke depan sehingga rantai berputar. Tempelkan lap pada rantai sepeda sehingga kotoran menempel pada lap tadi.

Lanjutkan dengan membersikan crank (gir depan, lengan pedal, dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun. Sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas. Bilas lalu lap dengan lap bersih.

Bersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkannya menggunakan lap bersih.

4. Bersihkan bagian bawah frame

Gunakan lap kain dan air sabun. Lap secara merata ke seluruh bagian frame, handle bar (setang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem.

5. Bersikan roda

Gunakan lap kain dan air sabun untuk membersihkan roda depan dan belakang. Jika ada kotoran yang susah dibuang, gunakan cairan pembersih kotoran, seperti WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub, dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Jika menggunakan cakram pada roda, sikat dengan teliti di semua bagian cakram.

Nah, setelah selesai dan kering, pasang kembali roda depan dan belakang. Jangan buru-buru mengembalikan dalam posisi roda menapak tanah. Selagi posisi roda menghadap ke atas, cek putaran kedua roda. Amati dengan seksama, goyang (peyang) atau tidak.

Jika goyang, kemungkinan jari-jari roda perlu disetel ulang. Jika belum pede menyetel ulang jari-jari, mending bawa ke bengkel.

Cek juga sistem pengereman. Kalau sudah oke lumasi bagian-bagian penting sepeda seperti rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedal dan lengan pedal.

Gunakan pelumas yang bagus, jangan oli bekas.

Sepeda pun sudah bersih dan siap digunakan untuk ber-B2W lagi.

Share.

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar