Pedalku.com – Memaknai Sumpah Pemuda tentu memiliki nilai yang sangat besar untuk bangsa Indonesia. Apalagi kondisi masyarakat saat ini yang terganggu dengan adanya isu perbedaan.

EIGER sebagai brand adventure nomor satu di Indonesia mencoba memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda. Namun pesan yang ingin disampaikan sangat kuat: menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seluruh kawasan Indonesia.

Cara yang dilakukan EIGER untuk memaknai Sumpah Pemuda sungguh unik, tetapi penuh simbol. Cara yang dipilih adalah dengan melakukan ekspedisi 28 Gunung di Indonesia.

“Pemilihan ke-28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus karena mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya. Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini yang akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya para pendaki gunung,” ujar Galih Donikara selaku Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung.

“Tim yang berangkat diharapkan sudah mencapai kawasan gunung yang dituju tepat tanggal 28 Oktober untuk mengadakan upacara bendera sekaligus pembacaan naskah Sumpah Pemuda,” lanjut Galih.

Dukungan penuh dilakukan oleh tim pusat EIGER di Bandung. Di bawah komando EIGER Adventure Service Team (EAST), tanggal 28 Oktober tepat pukul 10.00 WIB dilakukan live report upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

“Untuk beberapa gunung yang memungkinkan sinyal 4G, kami meminta live video suasana upacara. Sementara untuk beberapa gunung akan diadakan sambungan telepon via telepon satelit,” paparnya lebih lanjut.

Acara yang dipusatkan di EIGER Adventure Flagship Store Bandung Jalan Sumatera 23, sendiri mempunyai segudang kegiatan yang tidak kalah menarik dalam memperingati Sumpah Pemuda. Tentunya keberhasilan tim EIGER melakukan ekspedisi pendakian 28 gunung di Indonesia menjadi rangkaian terpenting.

Ekspedisi 28 Gunung - MURI

Ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan pencapaian ‘Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak.’

Ke-28 gunung tersebut adalah:

Sumatra:

  1. Gunung Kemiri, Aceh
  2. Gunung Sibuatan, Sumut
  3. Gunung Talang, Sumbar
  4. Gunung Kerinci, Jambi
  5. Gunung Masurai, Jambi
  6. Gunung Dempo, Sumsel
  7. Gunung Patah, Bengkulu
  8. Gunung Pesagi, Lampung.

Jawa:

  1. Gunung Pulosari, Banten,
  2. Gunung Ciremai, Jabar
  3. Gunung Slamet, Jateng
  4. Gunung Semeru, Jatim
  5. Gunung Merapi,

Kalimantan:

  1. Gunung Palung, Kalbar
  2. Gunung Halauhalau, Kalsel
  3. Gunung Beriun, Kaltim

Sulawesi:

  1. Gunung Klabat, Sulut
  2. Gunung Tambusisi, Sulteng
  3. Gunung Rore Katimbu, Sulteng
  4. Gunung Gandawa Deata, Sulbar
  5. Gunung Mekongga, Sultra
  6. Gunung Latimojong,

Kepulauan Sunda Kecil:

  1. Gunung Rinjani, NTB
  2. Gunung Tambora, NTB
  3. Gunung Koya Koya, NTT
  4. Gunung Kelimutu, NTT
  5. Gunung Binaya,

Papua:

  1. Gunung Cartenz.

Kontributor Netfit.id

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai sports, lifestyle and happiness? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain.

Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments