Tour de France 2018 Semakin Menarik Dengan Inovasi Digital Dari Dimension Data

0

Pedalku.com – Tour de France 2018 sudah berlangsung pada 7-29 July lalu. Geraint Thomas dari Team Sky, menjuarai gelaran tahun ini. Selain kesuksesan Geraint Thomas, inovasi digital yang dipersembahkan oleh Dimension Data membuat tontonan menjadi semakin menarik. Dengan 150 juta poin data yang dimilikinya, Dimension Data menyajikan berbagai statistik dan prediksi etape per etape yang menarik bagi kalangan muda.

Bekejasama dengan A.S.O (Amaury Sport Organisation ), penyelenggara Tour de France, Dimension Data memanfaatkan kreatifitas kolektif dari 28.000 karyawan globalnya di 47 negara, termasuk Indonesia. Pengembangan ide yang dilakukan ditujukan untuk menghadirkan pengalaman spektakuler para penggemar pada platform digital generasi saat ini maupun masa yang akan datang.

“Sejak menjadi partner teknologi resmi Tour de France di tahun 2015, Dimension Data telah memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan digitalisasi data balapan. Acara ini merupakan salah satu kebanggaan negara Perancis yang perlu dilindungi dan dilestarikan sehingga dapat dinikmati dan dirasakan generasi selanjutnya. Hal ini secara langsung mendorong audiens untuk melihat peningkatan jumlah penggemar muda yang sudah ditargetkan melalui kanal digital kami,” ujar Julien Goupil, Media Director di A.S.O.

Untuk menghasilkan 150 juta poin data, sensor IoT (Internet of Things) diletakkan pada saddle setiap peserta. Sensor IoT itu menangkap dan memancarkan data ke beberapa mobile hub. Menggunakan jalur tv broadcast yang terkenal dengan kehandalan dan keamanannya, data tersebut dipancarkan ke data center untuk diolah dan disajikan ke penggemar.

Scott Gibson, Dimension Data Digital Business Solutions Executive , “Pusat mobile data dan platform analisis prediktif yang kami sediakan dikombinasikan dengan passion tim yang luar biasa, di mana telah memacu kami untuk menghasilkan inovasi yang kami bawa ke dalam ajang Tour de France setiap tahunnya. Dan di saat tertentu, ketika berurusan dengan kondisi cuaca yang buruk, kami bangga dapat menyajikan hasil analisis yang instan dan secara real-time serta menyediakan konten yang dapat membantu penggemar untuk mengerti lebih mendalam, agar dapat mengikuti dan menikmati balapan tersebut.”

Statistik lain dari Tour de France dapat dilihat pada Twitter le Tour Data. (Fami Sankyo)

 

 

About Author

Tertarik untuk berbagi cerita mengenai keindahan negeri kita? Jangan segan untuk berbagi dengan yang lain. Kirimkan saja artikelnya ke [email protected]

Komentar Kamu

Skip to toolbar